KEMULIAAN AHLI ILMU vs ORANG BODOH AHLI IBADAH

Diposkan oleh Label: di
Dalam kitab Maroqi al-'Ubudiyah Syarah Bidayatil Hidayah Karya Muhammad Nawawi Al-Jawi diceritakan bahwa:

(وحكي) أن بعض الناس اختلف في شرف العالم الفاسق وشرف الجاهل العابد، فخرج أحد منهم، وذهب إلى صومعة العابد الجاهل فقال: يا عبدي قبلت دعوتك، وغفرت لك ذنبك، فاترك العبادة واسترح. فقال العابد: إلهي إني أرجو منك هذا، وإني أحمدك وأشكرك وأعبدك من زمان كذا، فصار مخطئاً وكافراً بجهلهه، ثم ذهب أحد منهم إلى العالم الفاسق، فإذا هو يشرب الخمر فقال: يا عبدي اتق مني وأنا ربك أستر ذنبك وأنت لا تستحي مني، فإني أريد أهلكك، فسل العالم الفاسق سيفه، وخرج من مكانه فقال: يا ملعون أنت لا تعلم ربك، فإني أعلمك ربك الآن ففر ذلك القائل، فعلم بذلك شرف العلم وأهله.

dikisahkan, bahwasannya sebagian orang berselisih pendapat didalam masalah kemulian orang alim yang fasiq dan kemulian orang bodoh yang ahli ibadah.

maka salah seorang dari yang berselisih itu pergi ketempat ibadahnya seorang ahli ibadah yang jahil dan berkata:'' Wahai Hambaku, Aku telah mengabulkan do'amu, dan Aku telah mengampuni dosamu, maka tinggalkanlah ibadah dan beristirahatlah.

ahli ibadah yang jahil tadi menjawab:''Wahai Tuhanku sesungguhnya aku mengharapkan darimu hal ini(pembebasan dari ibadah) dan aku telah memujimu dan menyembahmu dan bersyukur kepadamu dari zaman dulu.

maka jadilah ahli ibadah itu jatuh dalam kesalahan dan kekafiran karna kebodohannya.

kemudian, seorang yang lain dari mereka ke orang alim yang fasiq, ternyata orang alim tadi sedang meminum, minuman keras.

lalu orang tadi berkata:''wahai hambaku takutlah kamu dariku, dan aku adalah tuhanmu, aku tutupi dosa-dosamu dan kamu tidak merasa malu kepadaku. sesungguhnya Aku akan memusnahkanmu

maka orang alim fasiq tadi menghunuskan pedangnya dan keluar dari tempatnya dan berkata kepada orang yang mengaku sebagai tuhan:''Wahai orang yang dilaknat, apakah engkau tidak mengenal tuhanmu? sesungguhnya aku akan mengenalkanmu kepada tuhanmu sekarang. maka orang yang pura2 menjadi tuhan tadi lari terbirit2 (karna mau di bacok), maka dari sini diketahui kemulian ilmu dan ahli ilmu.
-------------------------
yang parah: udah goblok mabok lagi

Source : Mumu Bas. Kitab Maroqi al-'Ubudiyah Syarah Muhammad nawawi Al-Jaqi 'Ala Matni Bidayatil Hidayah. (راقى العبودية شرح محمد نووى الجاوى على متن بداية الهداية)
Post a Comment

Back to Top