HARI JUM'AT HAJINYA ORANG FAQIR DAN MISKIN

Diposkan oleh Label: di
Hari Jum'at Hajinya orang faqir dan miskin...

قال الطيبي : أفضل الأيام قيل عرفة ، وقيل : الجمعة هذا إذا أطلق ، وأما إذا قيل : أفضل أيام السنة فهو عرفة ، وأفضل أيام الأسبوع فهو الجمعة تم كلامه . وإذا وافق يوم الجمعة يوم عرفة يكون أفضل الأيام مطلقا ، فيكون العمل فيه أفضل وأبر ، ومنه الحج الأكبر ، وقال ابن المسيب : الجمعة أحب إلى الله تعالى من حج التطوع ، وفي الجامع الصغير ، عن ابن عباس مرفوعا : " الجمعة حج المساكين " وفي رواية : " حج الفقراء " . ( رواه مسلم ) .

Ath-Thayyibi berkata : Paling Afdholnya Hari adalah ada yang mengatakan hari Arafah, adapula yang mengatakan hari jum'at ini jika dimutlakkan. Dan adapun jika dikatakan bahwa paling utamanya hari-hari dalam setahun maka hari itu adalah Hari Arafah, dan paling utamanya hari dalam seminggu adalah hari Jum'at. selesai perkataan.
Dan telah disepakati bahwa hari jum'at dan hari arafah lebih utamanya hari secara mutlak. Maka amal-amal didalamnya adalah lebih utama dan lebih baik, salahsatunya yaitu Haji Besar (bukan haji sunnah).
Dan berkata Ibnul Musib: hari jum'at lebih disukai Allah Ta'ala daripada haji sunnah, dan disebutkan sebuah riwayat dalam Kitab Jami'us Shoghir, dari Abbas secara marfu' (sanad bersambung): jum'at adalah hajinya orang-orang miskin. dan dalam riwayat lain disebutkan : "(Jum'at) hajinya orang-orang faqir" (HR. Muslim).

Sumber :
مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح
علي بن سلطان محمد القاري
kitab Mirqotul Mafatih Syarh Misykatul Mashobih karangan Al Mula 'Ali Al Qori : 1012
Post a Comment

Back to Top