MAIMUNAH AS SAUDA', PEREMPUAN AHLI IBADAH DARI KUFAH

Diposkan oleh Label: di
Alih Bahasa : Mas Hamzah

Dinukil dari kitab sifatus shofwah karangan imam abul faroj ibnul jauzy

الفضيل بن عياض قال: قال عبد الواحد بن زيد: سألت الله عز وجل ثلاث ليال أن يريني رفيقي في الجنة. فرأت كأن قائلاً يقول: يا عبد الواحد رفيقك في الجنة ميمونة السوداء. فقلت: وأين هي? فقال: في آل فلان بالكوفة.
fudhail bin iyyadh berkata, abdul wahid bin zaid berkata, " aku memohon kpd Allah selama 3 malam agar memperlihatkan temanku disurga nanti, maka aku melihat seakan2 ada orang yg berkata " hai abdul wahid, temanmu disurga adalah maimunah as sauda'"
aku berkata, " dimana dia?"
" dikeluarganya fulan di kufah."

فخرجت إلى الكوفة وسألت عنها فقيل: هي مجنونة بين ظهرانينا ترعى غنيمات لنا، فقلت: أريد أن أراها. قالوا: اخرج إلى الجبان، فخرجت فإذا بها قائمة تصلي، وإذا بين يديها عكاز لها وعليها جبة من صوف، عليها مكتوب: لا تباع ولا تشترى. وإذا الغنم مع الذئاب، فلا الذئاب تأكل الغنم ولا الغنم تخاف الذئاب.
kemudian aku keluar menuju kufah dan bertanya ttg maimunah, maka ada yg berkata, " bagi kami, maimunah itu orang gila, dia menggembalakan kambing2 kita,"
aku berkata, " aku ingin melihat dia."
mereka berkata, " keluarlah kelapangan"
kemudian aku keluar, teryata dia (maimunah )ada disana sedang sholat, didepannya ada tongkat , dia memakai jubah bulu yg bertuliskan " tidak dijual dan tidak dibeli"
disitu jg terlihat ada kambing bersama srigala, srigalanya nggak memakan kambing , begitu jg kambingnya nggak takut thd srigala.

فلما رأتني أوجزت في صلاتها ثم قالت: ارجع يا بن زيد ليس الموعد ها هنا إنما الموعد ثم. فقلت: رحمك الله ومن أعلمك أني ابن زيد? فقالت: أما علمت أن الأرواح جنود مجندة فما تعارف منها ائتلف وما تناكر منها اختلف? فقلت لها: عظيني? فقالت: واعجباً لواعظ يوعظ ثم قالت: يا بن زيد إنك وضعت معايير القسط على جوارحك لخبرتك بمكتوم مكنون ما فيها، يا بن زيد إنه بلغني أنه ما من عبد أعطي من الدنيا شيئاً فابتغى إليه ثانياً إلا سلبه الله حب الخلوة معه، وبدله بعد القرب البعد وبعد الأنس الوحشة.
ketika dia melihatku maka dia meringkas sholatnya, kemudian dia berkata, " wahai ibnu zaid, pulanglah, tempat yg dijanjikan tdk disini tapi disana."
aku berkata, " semoga Allah merahmatimu, siapa yg memberitahukanmu kalo aku ini ibnu zaid ?"
maimunah berkata, " apakah engkau tdk tahu bahwa sesungguhnya Arwah itu bagiakan tentara yang dikerahkan. Yang saling kenal akan bersatu dan yang saling mengingkari akan saling menjauh?"
aku berkata, " berilah aku nasehat."
maimunah berkata, " wah,,anehnya, orang yg suka memberi nasehat malah dinasehati."
kemudian dia berkata, " wahai ibnu zaid, sesungguhnya engkau meletakkan timbangan2 adilmu thd anggota tubuhmu karena kamu mengetahui apa yg tersimpan lagi tersembunyi didalamnya,
wahai ibnu zaid sesungguhnya telah sampai kpdku yaitu sesunggunya tiadalah seorang hamba yg diberi sedikit dunia kemudian dia mencarinya lg utk kedua kalinya kecuali Allah akan menghilangkan rasa cinta menyendiri bersama-Nya, dan menggantikan kedekatan menjadi jauh, serta menggantikan kenyamanan menjadi liar."

ثم أنشأت تقول:
يا واعظاً قام لاحتـسـاب بزجر قوماً عن الذنـوب
ننهى وأنت السقيم حـقـاً هذا من المنكر العجـيب
لو كنت أصلحت قبل هذا عيبك أو تبت من قريب
كان لما قلت يا حبـيبـي موقع صدق من القلوب
نتهى عن الغي والتمـادي وأنت في النهي كالمريب
kemudian maimunah berkata lg,
wahai orang yg memberinasehat, yg bertugas utk menyuruh muhasabah dan mencegah kaum dari melakukan dosa,
engkau mencegah tp dirimu sendiri sebenarnya sdg sakit, ini adalah perkara mungkar yg aneh,
jikalau kamu mau memperbaiki aibmu sendiri sebelum memberi nasehat, atau bertaubat dlm waktu dekat,
maka apa yg kau katakan akan bertempat ditemat yg sebenarnya didalam hati, wahai kekasihku.
engkau mencegah dari perbuatan sesat dan bertahan pd kesesatan tapi engkau dalam pencegahan itu seperti orang yg ragu2.

فقلت لها: غظني أرى هذا الذئاب مع الغنم، فلا الغنم تفزع من الذئاب، ولا الذئاب تأكل الغنم، فأي شيء هذا? فقالت: إليك عني فإني أصلحت ما بيني وبين سيدي فأصلح بين الذئاب والغنم.
kemudian aku berkata pd maimunah, " nasehatilah aku, aku melihat srigala2 ini bersama kambing, kambingnya tdk takut thd srigala, dan srigalanya jg tdk memakan kmbing, bagaimana ini bisa terjadi ?"
maimunah berkata, " ambillah manfaat dariku, sesungguhnya aku memperbaiki (hubungan) antara diriku dan junjunganku, maka junjunganku memperbaiki hubungan antara srigala dan kambing."

صفة الصفوة
ابن الجوزي
Post a Comment

Back to Top