SHOLAWAT NABI KARANGAN IMAM SYAFI'I

Diposkan oleh Label: di
Lafadz : 
 Allahumma sholli Ala Sayidina Muhammadin Adada maa dzakarakad Dzakiruun wa ghofala an dzikrihil Ghofiluun

واعلم: أن أول من صلى بهذه الصيغة الامام الشافعي رضي الله عنه.
قال محمد بن عبد الحكم: رأيت الشافعي رضي الله عنه في المنام فقلت له: ما فعل الله بك يا إمام ؟ قال رحمني وغفر لي وزفت إلي الجنة كما تزف العروس.
فقلت: بماذا بلغت هذا الحال ؟ قال: بما في كتاب الرسالة من الصلاة على رسول الله (ص)، قال، وقلت: كيف تلك الصلاة ؟ قال: اللهم صل على سيدنا محمد عدد ما ذكرك الذاكرون وغفل عن ذكره الغافلون.
قال: فلما أصبحت أخذت الرسالة ونظرت فوجدت الامر كما رأيت.
وقال بعض الصالحين: رأيت النبي (ص) فقلت: يا رسول الله ما جزاء الشافعي
عندك حيث قال في كتاب الرسالة وصلى الله على سيدنا محمد عدد ما ذكرك الذاكرون وغفل عن ذكره الغافلون ؟ فقال (ص)، جزاؤه عندي أنه لا يوقف للحساب.

ketahuilah: bahwa yang bersholawat dengan shigho seperti ini adalah Imam Syafi'i ra. berkata Muhammad bin abdul hakam : ''aku melihat imam syafi'i ra. didalam tidurku, maka aku berkata kepadanya: apa yang dilakukan Allah kepadamu wahai Imam? Imam syafi'i menjawab: Allah telah mengasihiku dan mengampuni aku dan memasukan aku kedalam surga sebagaimana masuknya pengantin pada malam pertama. maka aku berkata: dengan apa engkau mencapai keadaan seperti itu? imam syafi'i menjawab: aku mendapat keadaan seperti ini dengan keberkahan apa yang ada dalam kitab risalah dari sholawat kepada Rasulullah saw., aku berkata:'' bagaimana sholawat tersebut? imam syafi'i berkata:'' Allahumma sholli Ala Sayidina Muhammadin Adada maa dzakarakad Dzakiruun wa ghofala an dzikrihil Ghofiluun.'' berkata syekh Muhammad bin abdul hakam: ketika pagi hari aku mengambil kitab risalah dan aku lihat kemudian aku mendapatkan perkara tsb sebagaimana yang aku mimpikan.
Sebagiqn ulama' sholeh berkata : Aku melihat Rasulullah SAW, dan bertanya lepada beliau' apa balasan bagi Imam Syafi'i atas Sholawat yang dikatakan dalam kitab Risalah-nya?, Nabi menjawab : balasannya adalah tidak akan dihisab (pada yaumul hisab).

Kitab : I'anatutholibin :(4/391)
Post a Comment

Back to Top