TIDAK SEMUA YANG KAMU LIHAT ITU BENER

Diposkan oleh Label: di
Sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim;

قوله صلى الله عليه وسلم : ( رأى عيسى رجلا يسرق فقال له عيسى : سرقت ، قال : كلا ، والذي لا إله إلا هو ، فقال عيسى : آمنت بالله ، وكذبت نفسي ) .

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Suatu hari Isa bin Maryam melihat seorang lelaki sedang mencuri. Seketika itu Isa bertanya, "Apakah kamu mencuri?" Lelaki itu menjawab, "aku tidak mencuri! Demi Dzat yang tidak ada sesembahan selain-Nya!" Kemudian Isa berkata, "Aku beriman kepada Allah, dan mendustakan diriku sendiri." (HR Muslim)

قال القاضي : ظاهر الكلام صدقت من حلف بالله تعالى ، وكذبت ما ظهر لي من ظاهر سرقته ، فلعله أخذ ما له فيه حق ، أو بإذن صاحبه ، أو لم يقصد الغصب والاستيلاء ، أو ظهر له من مد يده أنه أخذ شيئا ، فلما حلف له أسقط ظنه ، ورجع عنه .

(Imam nawawi mengomentari) Al-Qadhi berkata, 'Secara zhahirnya maksud ucapan di atas, 'Aku percaya dengan siapa yang bersumpah atas Nama Allah, sementara itu aku mendustakan atas apa yang nampak kepadaku orang yang secara zhahirnya mencuri.
Bisa jadi lelaki yang mencuri itu pada dasarnya dia mengambil haknya, atau dia mengambilnya setelah mendapat izin dari pemilik sebenarnya, atau dia mengambil sesuatu itu tidak bermaksud ghashab atau yang lain, atau secara zhahirnya dia mengambil sesuatu tetapi setelah lelaki itu bersumpah gugurlah praduganya. Dan mengembalikan kepadanya."

‪#‎gak‬ semua yang kamu liat itu bener... ‪#‎keep‬ husnudzdzan (berbaik sangka) 

Sumber :
شرح النووي على مسلم
Syarh An-nawawi Ala Muslim
Post a Comment

Back to Top