KUBAH KUBURAN YANG PERTAMA KALI DIBANGUN

Diposkan oleh Label: di
Banyak dijumpai kuburan kaum Musliminin yang diatasnya terdapat kubah, umumnya kuburan yang ada kubahnya adalah kuburan orang-orang shaleh, baik sahabat Nabi Saw, Tabi'in, Waliyullah dan sebagainya.

Ternyata membangun kubah sudah menjadi kebiasaan dan sudah ada sejak masa para sahabat Nabi Saw sendiri (salafush shaleh), sedangkan menurut ulama, yang pertama kali membangun kubah diatas kuburan adalah Sayyidina Umar bin Khaththab ra. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Malik radliyallahu a'nh:

قَالَ مَالٍكٌ: أَوَّلُ مَنْ ضَرَبَ عَلَى قَبْرٍ فُسْطَاطًا عُمَرُ، ضَرَبَ عَلَى قَبْرِ زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ زَوْجِ النَّبِىِّ، - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ)
“(Imam) Malik berkata: Orang yang pertama kali membangun kubah diatas kuburan adalah Umar. Ia membangun kubah di atas makam Zainab binti Jahsy, istri Nabi Saw” (Syarahal-Bukhari karya Ibnu Baththal, 5/346)

Sayidina Umar adalah salah seorang sahabat yang dijamin masuk surga dan Amir al-Mu’minin atau Khalifah kedua ummat Islam. Tentu saja, apa yang dilakukan Sayidina Umar bukan bid’ah yang sesat yang menjerumuskan kepada neraka.

Dalam sebuah hadits maqthu' didalam Mushannaf Abdurrazzaq (no. 6040), Muhammad bin Ibrahim al-Harits al-Taimi, salah seorang ulama Madinah berkata :

عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ التَّيْمِيِّ ، قَالَ " أَوَّلُ فُسْطَاطٍ ضُرِبَ عَلَى قَبْرِ أَحَدٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ لَعَلَى قَبْرِ زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ وَكَانَ يَوْمًا حَارًّا
"Kubah yang pertama kali dibangun diatas kubur salah seorang kaum muslimin adalah dibangun diatas kubur Zainad binti Jahsy, pada musim panas".

Penulis : Ibnu Manshur
Disarikan dari tulisan : Ust. M. Ma'ruf Khozin
Post a Comment

Back to Top