Pencetus Kalender Hijriyah adalah Nabi Muhammad Saw

Diposkan oleh Label: di
Didalam kitab as-Syamarikh fi Ilm at-Tarikh, Imam as-Suyuthi mengungkapkan fakta bahwa Kalender Hijriyah dimulai sejak Hijrahnya Nabi (yaitu bulan Muharrram, red) yang diprakarsai oleh Nabi Muhammad SAW sendiri, yang diteruskan oleh Khalifah Umar bin Khattab .

« أن ابن الصلاح قال : ذكر أبو طاهر، محقد بن محمش الزيادي في تاريخ الشروط : أن رسول الله صلى الله عليه واله وسلم أرخ بالهجره حين كتب الكتاب لنصارى نجران وأمر عليا عليه السلام أن يكتب فيه : انه كتب لخمس من الهجره. قال : فالمؤرخ بهذا إذن رسول الله صلى الله عليه واله وسلم وعمر تبعه في ذلك » كتاب «ا لشماريخ في علم التاريخ » للسيوطي .


Ibnu Shalah berkata: Abu Thahir Ibnu Mahmasy (Az Ziyadi) menyebutkan dalam kitab Tarikh As-Syuruth : "bahwa Rasulullah SAW adalah pioner kalender hijriyah ketika beliau menulis surat ke umat Nasrani di Najran, beliau memerintahkan Ali AS untuk menuliskan dalam surat tersebut kalimat “Surat ini ditulis pada hari kelima sejak hijrah”. kemudian Ibnu Sholah menegaskan bahwa “Jelas yang pertama mencetuskan kalender ini adalah Rasulullah SAW, dan Umar mengikuti beliau Nabi Muhammad SAW." (Kitab as-Syamarikh fi Ilm at-Tarikh, Imam as-Suyuthi)

Nah dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa Nabi sebagai pencetus dan menghitung awal kalender hijriyah ini mulai dari Hijrahnya Nabi Muhammad SAW yang sedangkan awal bulan dari kalender hijriyah adalah Muharram. (*/)
Post a Comment

Back to Top