AGAMA NABI ADAM 'ALAIHISSALAM

Diposkan oleh Label: di
Mengingat saya sering mendapatkan pertanyaan dari beberapa teman, tentang agama nabi adam alaihissalam. Maka saya jelaskan, bahwa agama beliau ialah agama ISLAM. Sebagaimana di sebutkan dalam hadits Nabi:

عن أبي ذر قال دخلت على رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو فى المسجد قلت أي الأنبياء أول؟ قال آدم قلت وهل كان نبيا؟ قال نعم نبي مكلم

Dari abu dzar beliau berkata" Aku menemui Rosululloh Saw di dalam masjid, aku berkata" Siapakah pertama para nabi"? Beliau berkata" Adam" aku berkata" apakah beliau seorang nabi? Beliau menjawab" iya, Nabi mukallam (berdialog langsung dengan Alloh)

(HR.Ahmad,ibnu abi syaibah,Nasai)

عن أبي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أنا أولى الناس بعيسى ابن مريم فى الأولى والأخرة قالوا وكيف ذاك يارسول الله؟ قال الأنبياء إخوة من علات أمهانهم شتى ودينهم واحد وليس بيننا نبي

Dari abu hurairah beliau berkata" Rosululloh Saw telah bersabda" Akulah paling utamanya manusia (bersaudara) dengan isa putra maryam di dunia dan akhirat" para sahabat berkata" mengapa demikian ya Rosulalloh"? Beliau bersabda:" Para nabi itu semuanya saudara tiri, ibunya berbeda beda tetapi agamanya satu, tidak ada di antara kami (dengan isa) seorang nabi.

(HR.Muslim,ibnu hibban)

Di hadits tersebut di jelaskan bahwa agama para nabi itu satu yaitu islam sebagaimana yang di bawa Rosululloh Saw, dan nabi adam adalah seorang nabi. Jadi beliau ISLAM.

Juga Alloh telah mengabarkan di dalam Al Qur'an:

كان الناس أمة واحدة فبعث الله النبيين مبشرين ومنذرين وانزل معهم الكتب بالحق ليحكم بين الناس فيما اختلفوا فيه.

Manusia itu adalah umat yang satu, maka Alloh mengutus para nabi sebagai pemberi peringatan, dan Alloh menurunkan bersama mereka kitab yang benar untuk memberi keputusan di antara mereka tentang perkara yang mereka persilihkan (QS, Al baqarah: 213)

Di dalam tafsir al khazin di jelaskan:

وقيل هو آدم وذريته كانوا مسلمين على دين واحد إلى ان قتل قابيل هابيل فاختلفوا. وقيل كان الناس على شريعة واحدة من الحق والهدى من وقت آدم إلى مبعث نوح ثم اختلفوا.

Wa Qila: dia adalah adam beserta anak cucunya, mereka semua beragama dengan satu agama ISLAM, sampai qabil membunuh habil, maka mereka berpecah belah. Wa Qila: dulu manusia itu menetapi satu syariat kebenaran dan petunjuk mulai zaman nabi adam sampai di utusnya nabi nuh kemudian mereka berpecah belah. (Tafsir khazin: 1/202)

Wallohu a'lam.


Oleh : Abiel Mikdad Ngali Khaidar
Post a Comment

Back to Top