SAYYIDINA ALI BIN ABI THALIB RA DIBEDAH SAAT SHOLAT

Diposkan oleh Label: di
Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA dibedah saat sholat.

وروي عن عليّ بن أبي طالب رضي الله عنه: أنه في بعض الحروب الجهادية أصيب بسهم ثم جذب السهم من عضوه الشريف، وبقي النصل فيه فقالوا: إذا لم يجرح العضو لا يمكن استخراج النصل منه، ونخاف من إيذاء أمير المؤمنين وقطع عضوه؛ فقال رضي الله عنه: إذا اشتغلت بالصلاة فاستخرجوه، فافتتح الصلاة وهم قطعوا أم جرحوا العضو، واستخرجوا النصل وهو رضي الله عنه لم يتغير في صلاته، فلما فرغ قال: لم لم تستخرجوه؟ فقالوا: قد استخرجناه

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA: Dalam suatu peperangan, sayyidina Ali bin Abi Thalib ra. Terpanah pada salah satu anggota tubuhnya. Kemudian panahnya dicabut akan tetapi anak panahnya masih tertinggal didalam bagian tubuhnya. Para sahabat mengatakan bahwa untuk mengelurkan anak panah tersebut dari tubuh beliau maka sebagian tubuhnya harus dilukai atau dibedah, jika tidak dilakukan maka anak panah itu tidak bisa diambil.

Ali bin Abi Thalib lalu berkata:”bila aku ditengah menjalankan sholat maka keluarkanlah anak panahnya”. Sayyidana Ali lalu menjalankan sholat lalu para sahabat segera membedah anggota tubuhnya dan mengeluarkan anak panah tersebut dari tubuh sayyidina Ali. Sungguh meski demikian, sayyidina Ali bin Abi Thalib tidak berubah dalam menjalankan sholatnya.

Ketika beliau selesai solat, sayyidina Ali berkata:” mengapa kamu tidak mengeluarkan anak panah itu?
Para sahabat menjawab : "sungguh telah kami keluarkan anak panahnya".

Sumber :
 إرشاد العباد إلى سبيل الرشاد - زين الدين المليبارى : (51)
Kitab Irsyadul 'Ibad Ila Sabilir rosyad, karya Syeikh Zainuddin Al-Malibari hlm. 51

Kapan kita bisa sholat khusu' seperti Sayyidina Ali??, sakit yang sangatpun tidak terasa, ketika sudah mendapap Tuhannya. Semoga kita bisa :)
Post a Comment

Back to Top