KEUTAMAAN SURAT YASIN DAPAT MEMUDAHKAN HAL YANG SULIT

Diposkan oleh Label: di
Dalam Tafsir Yaasiin. Ibnu Katsir menyebutkan :

وقال الحافظ أبو يعلى : حدثنا إسحاق بن أبي إسرائيل ، حدثنا حجاج بن محمد ، عن هشام بن زياد ، عن الحسن قال : سمعت أبا هريرة يقول : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من قرأ يس في ليلة أصبح مغفورا له . ومن قرأ : " حم " التي فيها الدخان أصبح مغفورا له " . إسناد جيد .

Dan Al-Hafidz Abu Ya'la berkata : "telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Abi Isra'il, menceritakan keapada kami Hajaj bin Muhammad dari Hisyam bin Ziyad dari Al-Hasan berkata : "aku mendengar Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda : " Barangsiapa membacakan Ya Sin pada malam hari, maka setelah bangun waktu subuh ia diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT, dan siapa pun membacakan Ha Mim di mana Ad-Dukhan (Asap) disebutkan, maka setelah bangun waktu subuh ia diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT.) Rantai narasi Hadist yang baik (Jayyid)."

Jadi dibaca malam apa saja berpahala, termasuk pada malam jum'at.
Ibnu Katsir juga menambahkan keutamaan membaca surat Yasin itu dapat memudahkan semua urusan yang sulit, termasuk dalam hal sakaratul maut :

ولهذا قال بعض العلماء : من خصائص هذه السورة : أنها لا تقرأ عند أمر عسير إلا يسره الله . وكأن قراءتها عند الميت لتنزل الرحمة والبركة ، وليسهل عليه خروج الروح ، والله أعلم .

Karena hal ini sebagian ulama' mengatakan : salahsatu ke-khususan surat ini (YAASIIN) : yaitu sesungguhnya tidak dibaca surat Yaasiin ini atas suatu perkara yang sulit kecuali akan digampangkan perkara tsb oleh Allah SWT. Dan seperti halnya juga dibacakan disamping mayit agar diturunkan rahmat dan berkah oleh Allah, serta agar dimudahkan atasnya keluarnya ruh dari jasad. Wallahu a'lam

Kitab Tafsir Ibnu katsir : juz 3 hlm 742


Mengapa surat Yasin?

قال ابن القيم وخص يس لما فيها من التوحيد والمعاد والبشرى بالجنة لأهل التوحيد وغبطة من مات عليه لقوله يا ليت قومي يعلمون

Ibnul Qayyim mengatakan, "Dikhususkannya Yasin karena di dalamnya terkandung ajaran tauhid, tempat kembali, berita gembira tentang surga untuk ahli tauhid dan kegembiraan orang yang meninggal di atas tauhid karena firman-Nya, "Seandainya kaumku mengetahui..." (At-Taysiir 1/390)
Post a Comment

Back to Top