WANITA HAMIL DAN MENYUSUI HANYA MEMBAYAR FIDYAH TIDAK WAJIB QADLA PUASA?

Diposkan oleh Label: di
Ada yang bertanya di Inbox FB saya

Mbak, pernah nemu qoul ttg tidak mengganti puasa bagi murdhi' dan hamil tp cukup bayar fidyah saja? Barangkali ada saya minta dicarikan.
Sepengetahuan saya Kalau fathul qorib ada 2 pilihan saja antara mengganti puasa tanpa fidyah, dan tetap mengganti puasa+ bayar fidyah. Mohon dicerahkan!


Jawab : Ada, sebagaimana dijelaskan Imam Asy-Syaukani.
Qadla (mengganti puasa) dan membayar Fidyah bagi wanita hamil dan menyusui yang tidak berpuasa. Berikut rinciannya:

فإن الحامل والمرضع إذا خافتا على أنفسهما أو على أولادهما لهما أن يفطرا، أما القضاء والفدية فإن ابن حزم لا يوجب شيئا منهما، وابن عباس وابن عمر يوجبان الفدية فقط دون قضاء ، والأحناف يوجبون القضاء فقط دون فدية، والشافعية والحنابلة يوجبان القضاء والفدية معا إن خافتا على الولد فقط ، أما إذا خافتا على أنفسهما فقط أو على أنفسهما وعلى ولديهما فعليهما القضاء فقط دون فدية "

"Wanita hamil dan menyusui jika mengkhawatir dirinya sendiri atau pada anaknya maka boleh berbuka, adapun menqadla dan fidyah ibnu hazm tdak mewajibkannya, sdgkan ibnu abbas dan ibnu umar mewajibkan fidyah saja tanpa qadla', madzhab hanafi mewajibkan qadla saja tanpa fidyah, sedngkan syafiiyah dan hanabilah mewajibkan qadla dan fidyah jika mengkhawatirkan anaknya saja, jika karena mengkhawatirkan dirinya sendiri saja atau mengkhawatirkan dirinya dan anaknya maka wajib baginya mengqadla saja tanpa membayar fidyah"

نيل الأوطار ج 4 ص 542 "
Naylul Authar juz 4 hlm 542

NB : Fidyah yaitu denda memberi makan fakir miskin sejumlah hari yang ditinggalkan. Adapun mengenai kadar atau takaran fidyah itu adalah satu mud (makanan pokok setempat) untuk satu hari. Jadi jika seseorang meninggalkan 5 hari, ia mempunyai tanggungan 5 mud. Satu mud sama dengan 675 gram, atau yang mencukupi dua kali makan satu orang (sahur dan buka). Boleh juga dibayarkan berupa uang, dihargai sesuai harga pasar setempat. Karena wajarnya makan itu lengkap dengan lauk-pauk, ya harus sekalian dengan lauk-pauk. Sewajarnya saja.

CMIIW


Post a Comment

Back to Top