Level proses terbentuknya keyakinan
1. Hati
2. Akal
3. Fikiran
4. Ilmu (pengetahuan)
5. Yakin (keyakinan)
LEVEL KE 1 HATI
القلب هو اللطيفة العالمة المدركة من الإنسان احياء علوم الدين ج ٣ ص ٤
Imam ghozali mendefinisi kan hati adalah susuatu yang abstak pada diri manusia dan dapat mengetahui serta memahami
ket : ihya' ulumuddin juz 3 hal 4
القلب هو محل العقل عندنا وقال ابو حنيفة في الدماغ وحكي الأول عن الفلاسفة والثاني عن الأطباء
فتح المبدى ج ٢ ص ٨٢
Imam as syarqowi ber pendapat dalam kitab fathul mubdi bahwa
1. hati itu adalah tempatnya akal menurut madzhab kami (syafi'iyah)
2. sedangkan menurut abu hanifaf tempat akal itu ada di otak
pendapat pertama sejalan dengan pandangan para ahli filsafat
sedangkan yang kedua selaras dengan teori ilmu kedokteran
ket : kitab fathul mubdi juz 2 hal 82
LEVEL KE 2 AKAL
العقل نور روحاني به تدرك النفس العلوم الضرورية والنظرية
Syaikh abi al'irfan bin 'ali ash shobba al mantiqii berpendapat bahwa akal ialah cahaya rohani dengan nya jiwa menemukan ilmu daloruri dan nadhori
روحاني نسبة الى الروح من نسبة مشابه الشيء اليه ووجه المشابهة من العقل والروح امر خفي
Sisi pengkategorian akal pada roh adalah keduanya (akal dan roh) termasuk susuatu yang sama2 abstak
الألف والنون زائدتان في النسب للتأكد
alif dan nun pada lafadz ruhaniiyyu di sana berfaidha litta'kiid (mengokohkan)
وقوله به تدرك النفس الباء للآلة وتقدير الجار والمجرور ليس للحصر بل للإهتمام لشرف العقل على بقية آلات الإدراك من الحواس الظاهرة والباطة
Lafadz bihi di atas di berlakukan bermakna alat dan mendahulukan susunan jar majrur bukan karna untuk meringkas namun karna bertujuan MEMENTINGKAN
karna akal paling mulya dari segala piranti idrak (penemuan pemahaman) dari indra dlhohir dan batin
وفي كلامه جرى على التحقيق من ان المدرك حقيقة النفس والعقل آلة
حاشية شرح السلم للملوي ص ٢٠
dari kalam nya syaikh abil 'irfan menyatakan sebenarnya yang menemukan (ilmu/pengetahuan) itu adalah jiwa (nafsu) dan akal sebagai alatnya (piranti)
ket : kitab syarh al malawi (al-mantiqi) hal 20
LEVEL KE 3 FIKIR AN
وفي حاشية الناصر اللقاني على المحلى نقلا على السيد يطلق الفكر على معان ثلا ثة
FIKIR (fikiran) dalam hasyiahnya al liqooni menukil dari sayyid bahwa pengertian (FIKIR) fikiran itu terbagi menjadi 3 pengertian
الاول حوكة النفس في المعقولات اي حركة كانت وهذا هو فكر الذي يعد من خوص الإنسان ويقابله التخيل وهو حركتها في المحسوسات
والثاني حركتها من المطلب الذي تتردد في ثبوته كحدوث العالم الى مباديه كتإير العالم وحركتها من مباديه اليه جازمة به اعني مجموع الحركتين وهذا هو المختار فيه وفي جزأيه جمعا في المنطق
والثالث وهو الحركة الأولى من هاتين الحركتين وحدها من غير ان توجد الثانية معهاوان كانت هي المقصودة منها وهذا هو الفكر الذي يقابل به الحدس الذي هو عكسه لأنه الإنتقال من المبادي الى المطالب
شرح الملوي ص ١٩
1. Fikir (fikiran) ialah gerakan jiwa yang ada di dalam akal
LEVEL KE 4 ILMU
العلم صفة ينكشف بها المطلوب انكشافا تاما
كتاب السلم لعبد الحميد حاكيم
Menurut syaikh 'abdul hamid hakim (fi 'ilmil ushul)
Ilmu adalah suatu shifat denganya sesuatu terungkap dengan keterungpakan sempurna
ket : assullam (fi 'ilmil ushul) hal 6
LEVEL KE 5 YAKIN
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
اليقين لا يزل بالشك
keyakinan tidak bisa dihilangkan dengan keraguan
untuk memperoleh keyakinan yaiti melalui 4 proses sebelumnya
yaitu
Hati
Akal
Fikiran
Ilmu
Setelah Itu Yakin
Lah Dengan Sebab Yakin Inilah Timbul Adanya Islam Dan Iman
Dari Iman Inilah Kita Di Tuntut Bertakwa Pada Allah
Dan Dari Takwa Itu Lah Allah Meletak Kan Derajat Manusia
Subhanallah Semoga Kita Menjadi Orang-Orang Yang Punya Keyakinan Yang Lurus Sesuai Apa Yang Allah Kehendaki
Dan Menjadi Sebab Ridlonya Allah Pada Kita
Aamiin
Sumber : Facebook Pesantren Indonesia (FPI)
Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!
ReplyDelete