فغسل رضي الله عنه وكفن قالوا وازدحم من حضر غسله من الخاصة والعامة على الماء المنفصل عن غسله حتى حصل لكل واحد منهم شيء قليل ... ثم أخرجت جنازته فما هو إلا ان رآها الناس فأكبوا عليها من كل جانب كلا منهم يقصد التبرك بها حتى خشي على النعش ان يحطم قبل وصوله إلى الى القبر ...ولم ير لجنازة أحد ما رئي لجنازته من الوقار والهيبة والعظمة والجلالة وتعظيم الناس لها وتوقيرهم إياها وتفخيمهم امر صاحبها وثنائهم عليه بما كان عليه من العلم والعمل والزهادة والعبادة والاعراض عن الدنيا والاشتغال بالاخرة والفقر والايثار والكرم والمروءة ...ودفن في ذلك اليوم رضي الله عنه واعاد علينا من بركاته ثم جعل الناس يتناوبون قبره للصلاة عليه من القرى والاطراف والاماكن والبلاد مشاة وركبانا وما وصل خبر موته الى بلد فيما نعلم الا وصلي عليه في جميع جوامعه ومجامعه خصوصا ارض مصر والشام والعراق وتبريز والبصرة وقراها وغيرها ... وختمت له الختمات الكثيرة في الليالي والايام في اماكن كثيرة لم يضبط عددها خصوصا بدمشق المحروسة ومصر والعراق وتبريز والبصرة وغيرها حتى جعل كثير من الناس القراءة له ديدنا لهم واديرت الربعة الشريفة على الناس لقراءة القران المجيد واهدائه له وظيفة معتادة (الأعلام العلية في مناقب ابن تيمية - ج 1 / ص 83)
“Ibnu Taimiyah dimandikan dan dikafani. Mereka berkata: Orang-orang yang hadir saat memandikan, baik orang tertentu maupun umum, semua berebut air yang terpisah dari memandikan (air bekas basuhan), sehingga masing-masing mereka hanya mendapat sedikit-sedikit… Kemudian janazahnya dikeluarkan maka orang-orang berebut melihatnya dari berbagai arah yang bertujuan mencari berkah dengan janazahnya hingga dikhawatirkan pengangkut janazahnya patah sebelum sampai di kubur. Tidak ada kejadian atas janazah seseorang seperti yang dialami oleh Ibnu Taimiyah, berupa penghormatan, kewibawaan, pengagungan, dan sikap pengagungan orang-orang dan pemuliaannya terhadap janazah Ibnu Taimiyah, pujian mereka kepada Ibnu Taimiyah yang terdiri dari ilmunya, amal, zuhud, ibadah, berpalingnya dari dunia, kesibukannya dengan akhirat, kefakiran, kemuliaan dan wibawanya… Ibnu Taimiyah dimakamkan di hari itu, semoga Allah meridlainya dan memberikan berkah-berkahnya kepada kita. Kemudian orang-orang bergantian ke makamnya untuk mensalatinya, dari desa-desa, berbagai tempat dan daerah, baik berjalan maupun berkendara. Setiap berita meninggalnya Ibnu Taimiyah di suatu Negara yang kami ketahui, maka disalatkan untuk Ibnu Taimiyah di semua masjid-masjid Jami’, khususnya Mesir, Syam, Iraq, Tibriz, Bashrah, di desa-desanya dan sebagainya…Ibnu Taimiyah dikhatamkan sangat banyak, di malam atau siang, di banyak tempat yang tak terhitung, khususnya di Damaskus, Mesir, Iraq, Tibriz, Bashrah, dan lainnya, hingga orang-orang menjadikan kebiasaan bagi mereka, dan makamnya yang mulia dikelilingi untuk dibacakan al-Quran dan dihadiahkan kepada Ibnu Taimiyah, sebagai kegiatan rutin” (al-A’lam al-‘Aliyah 1/83)
Dalam kitab al bidayah wan nihayah ibnu katsir, disebutkan ibnu taimiyah meninggal dunia :
وحضر جمع كثير إلى الغاية إلى القلعة ، فأذن لهم في الدخول عليه ، وجلس جماعة عنده قبل الغسل ، وقرءوا القرآن ، وتبركوا برؤيته وتقبيله ، ثم انصرفوا ، وحضر جماعة من النساء ففعلوا مثل ذلك ثم انصرفوا ، واقتصر على من يغسله ،
Kemudian berbondong-bondong orang datang mengunjungi jenazah beliau kebenteng dimana ruangan penjara tersebut berada dan mereka diizinkan masuk. Mereka duduk disisi jenazah sebelum dimandikan. Mereka membaca qur’an dan bertabarruk dengan melihat dan menciumnya. Mereka kemudian pergi dan digantikan rombongan lain dari kalangan perempuan lalu kemudian mereka melakukan seperti sebelumnya kemudian digantikan rombongan lain hingga jenazah beliau dimandikan
وصلي عليه أولا بالقلعة ، تقدم في الصلاة عليه الشيخ محمد بن تمام ، ثم صلي عليه بجامع دمشق عقيب صلاة الظهر ، وحمل من باب البريد ، واشتد الزحام
Jasad Ibnu Taimiyah pertama kali disholatkan didalam benteng oleh Oleh Syaikh Muhammad Tamâm kemudian disholatkan dimasjid Jami al Umawi damsyiq setelah sholat zuhur. Jasad beliau dibawa masuk lewat bâb al barîd dan disana sangat penuh sesak
وألقى الناس على نعشه مناديلهم وعمائمهم للتبرك ، وصار النعش على الرءوس ، تارة يتقدم وتارة يتأخر ، وخرج الناس من الجامع من أبوابه كلها من شدة الزحام ،
Orang-orang melempar sapu tangan dan sorban mereka keatas keranda utk bertabarruk,Karena berdesak2 kan , maka jadilah keranda tersebut diats kepala mereka kadang kedepan dan kadang kembali kebelakang dan Massa keluar dari Masjid Jami dari semua Pintu dan mereka amat berdesak-desakan
وشرب جماعة الماء الذي فضل من غسله ، واقتسم جماعة بقية السدر الذي غسل به ، وقيل : إن الطاقية التي كانت على رأسه دفع فيها خمسمائة درهم ، وقيل : إن الخيط الذي كان فيه الزئبق الذي كان في عنقه بسبب القمل ، دفع فيه مائة وخمسون درهما ، وحصل في الجنازة ضجيج وبكاء وتضرع ، وختمت له ختمات كثيرة بالصالحية والبلد ، وتردد الناس إلى قبره أياما كثيرة ليلا ونهارا ، ورئيت له منامات كثيرة صالحة ، ورثاه جماعة بقصائد جمة .
Sekelompok orang meminum air sisa mandi jenazah dan membagi-bagikan daun bidara yang digunakan untuk memandikan beliau. Konon tutup kepala yang dipakai ibnu taimiyah dijual seharga 50 dirham dan konon benang luntur yang terdapat dilehernya terjual seharga 150 dirham. Pemakaman jenazah tersebut sangat riuh dengan suara tangis dan memelas.dan dikhatamkan alqur'an utk beliau banayk khataman di masjid sholihiyah dan juga di kota.
Manusia berbolak-balik menziarahi kuburannya berhari-hari baik siang maupun malam bahkan menginap. Beliau dimimpikan dengan berbagai mimpi yang baik dan banyak orang yang membuat qasidah pujian yang melimpah untuk beliau.
Ternyata murid-murid beliua mengambil/mengharap berkah dari mayat dan atsar beliu Ibnu Taimiyah.