Yasin dan Ismul A'dzam (Nama Allah Yang Teragung)

Diposkan oleh Label: di
Yasin bermakna Yaa Muhammad Alayhissalam, dan menurut sebagian ulama ahli tafsir maksudnya adalah Yaa sayyidal mursalin. Sebagian yang lain mengatakan Yaasin adalah salahsatu nama Al-Quran, sebagian lainnya yaasin adalah salahsatu nama Allah SWT, ada yang mengatakan nama surat.

Dan disebutkan dalam tafsir bahwasanya Allah mempunyai 4000 nama yang sebagian darinya tidak diketahui kecuali Allah sendiri, 1000 nama lainnya tidak ketahui selain Malaikat, 1000 nama lagi terdapat di Lauhul mahfudz, 300 terdapat dalam taurat, 300 terdapat di injil, 300 di zabur dan 100 didalam Al-Quran, 99 ditampakkan dan yang 1 tersembunyi yaitu Ismul A'dzam (Nama Teragung) yang tidak diketahui kecuali oleh para nabi dan rasul. (Tafsir Yasin Hamami)

Btw, ngomongin tentang Asmaul A'dzam yang tersembunyi ini, Ibnu hajar dalam Fathul bari menjelaskan ada beberapa ihktilaf ulama dalam hal ini sebagian para ulama diantara Ath-Thabari, Al-Asy'ari, dan kelompok ulama lain seperti ibnu hibban dan Albaqilani mengingkarinya dan berpendapat bahwa tidak boleh mengagungkan satu nama Allah dengan nama-nama yang lain. Sedangkan ulama lainya berpedapat Ismul A'dzam tersebut ada tapi tidak diketahui oleh seorang makhlukpun.

Ibnu hajar melanjutkan, sebagian ulama yang lain menetapkan ismul A'dzam dengan 14 macam pendapat ulama, sebagai berikut:

1. هو ! 2. الله 3. الله الرحمن الرحيم 4. الرحمن الرحيم الحي القيوم 5. الحي القيوم 6. الحنان المنان بديع السماوات والأرض ذو الجلال والاكرام الحي القيوم 7. بديع السماوات والأرض ذو الجلال والاكرام 8. ذو الجلال والإكرام 9. الله لا إله إلا هو الأحد الصمد الذي لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد 10. رب رب 11. دعوة ذي النون في بطن الحوت " لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين " 12. هو الله الله الله الذي لا إله إلا هو رب العرش العظيم 13. هو مخفي في الأسماء الحسنى 14. كلمة التوحيد " لا إله إلا الله " .

Fathul bari (11 / 224-225 )

Dalam Hasiyatush Shaban Ala Syarhil-Asmuni Li Alfiyati ibni Malik (1/15) disebutkan bahwa :

وعند المحققين أنه اسم الله الأعظم: وقد ذكر في القرآن.

في ألفين وثلاثمائة وستين موضعًا واختار الإمام النووي تبعًا لجماعة أنه الحي القيوم قال: ولهذا لم يذكر في القرآن إلا في ثلاثة مواضع: في البقرة وآل عمران وطه والله أعلم.

Menurut para ulama muhaqqiqin, Ismul A'dzam itu adalah nama ALLAH itu sendiri, dan lafadz Allah disebut sebanyak 2.360 tempat didalam Al-Quran.

Sedangkan Imam Nawawi memilih pendapat terbanyak yakni Al-Hayyul Qayyum, kemudian berkomentar karena ini tidak disebutkan didalam Al-Quran kecuali hanya di tiga tempat, yaitu di surat Al-Baqarah, Ali Imron, dan Thahaa. Wallahu A'lam.

Rofiah adawiyah, 09/12/2015
Post a Comment

Back to Top