MU'AWIYAH BUKAN KHALIFAH, TAPI HANYA RAJA

Diposkan oleh Label: di
Ibnu Taimiyah secara gamblang mengatakan kalo Muawiyah itu hanya Raja setelah Khulafaurrasyidin sesuai kesepakatan ulama:

وقال شيخ الاسلام ابن تيمية: واتفق العلماء أن معاوية أفضل ملوك هذه الامة,فان الأربعة قبه كانوا خلفاء نبوة وهو اول الملوك, كان ملكه ملكاً و رحمة ( الفتاوى 4/47)

Ibnu Taimiyah berkata,” Para ulama sepakat bahwa Muawiyah adalah raja terbaik dalam umat, karena 4 pemimpin sebelumnya adalah para khalifah nubuwwah, adapun dia adalah awal raja dan kepemimpinannya adalah rahmat.” (Majmu’ Fatawa 4/478, Minhaj Sunnah 6/232)

قال شيخ الإسلام ابن تيمية : لم يكن من ملوك الإسلام ملك خير من معاوية, ولا كان الناس في زمان ملك من الملوك خيراً منهم في زمن معاوية,إذا نسبت أيامه إلى من بعده.

Juga Ibnu taimiyah mengatakan bahwa : tdak ada raja dari kerajaan2 islam yang sebaik mu'awiyah, dan tidak ada manusia sezaman dan setelahnya yang lebh baik dari dia.

Ad-Dzahabi mengatakan :
قال الذهبي: امير المومنين ملك الاسلام, وقال :معاوية من خيار الملوك الذين غلب عدلهم على ظلمهم .

Adz-Dzahabi berkata dalam biografinya,” Amirul mukminin, raja Islam. Muawiyah adalah raja pilihan yang keadilannya mengalahkan keshaliman.” (Siyar 3/120, 259)

قال ابن العز الحنفي في( شرح العقيدة الطحاوية) : وأول ملوك المسلمين معاوية وهو خير ملوك المسلمين.

Ibnu Abil Izzi Al Hanafi berkata,” Raja pertama kaum muslimin adalah Muawiyah, dan dia adalah sebaik-baiknya raja kaum muslimin.” (syarh Aqidah Thahawiyah hal 722)

Hal ini juga dikuatkan oleh beberapa ahli sejarah yang menyebutkan bahwa, Muawiyah BUKAN SAMA SEKALI khalifah, hanya RAJA.

قال ابن عساكر في تاريخ دمشق: 59/177: (عن ابن شوذب قال: كان معاوية يقول: أنا أول ملك وآخر خليفة).

Ibnu Asakir mengatakan dlm tarikh damsyiq : dari ibnu syawdzab berkata, Muawaiyah berkata : aku adalah raja pertama dan akhir kekhalifahan).

ابن كثير في النهاية:8/144 بقوله: (قلت: والسنة أن يقال لمعاوية ملك، ولا يقال له خليفة لحديث سفينة: الخلافة بعدي ثلاثون سنة ثم تكون ملكاً عضوضاً) ( أخرجه الإمام أحمد 5/44 و 5/220 وأبو داود في السنة ح‍ ( 4646) بلفظ: خلافة النبوة ثلاثون سنة ثم يأتي الملك من يشاء . ومن طريق يعقوب بن سفيان عن سفينة: الخلافة في أمتي ثلاثون سنة ثم ملك بعد ملك). انتهى.

Ibnu Katsir dlm Bidayah wan nihayah juga mengatakan : saya (ibnu katsir) dan menurut sunnah, Muawiyah adalah raja, dan tidak disebut sebagai khlaifah, berdasar hadits safinah : khilafah setelahku adalah tiga puluh tahun, kemudian setelah itu kerajaan. dan dari jalur ya'qub bin sufyan dari safinah : khilafah pada umatku adalah tiga puluh tahun, kemudian setelah itu kerajaan. selesai.

وفي الفواكه الدواني:1/104: (ما ذكره المصنف من الإقتصار في الخلفاء على الأربعة يفيد أن معاوية ليس بخليفه بل ملك ، وهو المطابق لقوله(ص): الخلافة بعدي ثلاثون سنة . وقيل إنما تتم بمدة الحسن بن علي ، وذلك أن الناس بايعوه بعد أبيه في العشر الأخيرة من رمضان سنة أربعين من الهجرة ، ثم إن الحسن سلَّم الأمر الى معاوية بن أبي سفيان في النصف من جمادي الأولى سنة إحدى وأربعين من الهجرة ، فتكون مدة خلافة الحسن سبعة أشهر ونصفاً وأياماً

Imam Nafrawi dalam Al-Fawakih Ad-diwany megngatakan : apa yang disebutkan mushonnif dr bab yang menjelaskan khalifah hanya terbatas pada 4 orang, dapat diambil kesimpulan bahwa Muawiyah bukan kholifah akan tetapi RAJA, berdasar hadits nabi SAW: khalifah setelahku adalah 30 tahun, dan dikatakan bahwa bilangannya disepmpurnakan oleh kepemimpinan Hasan bin Ali, dan dengan demikian bahwasanya manusia berbaiat kepada Hasan setelah kematian ayahnya (Ali) pada sepuluh terakhir dari bulan ramadhan tahun 40 hijriyah. Kemudian hasan menyerahkan kepemimpinannya kepada Mu'awiyah bin abi sufyan pada pertengahan jumadil awwal pada tahun 41 Hijirayah. Masa Ke Khalifahan Hasan adalah 7 bulan 16 hari.

Kesimpulan :
Muawiyah itu hanya Raja yang dipanggil/disebutan "Khalifah", dan bersistem kerajaan. Tidak sama dengan sistem khulafauurrasyidin sebelumnya..

Hal ini disebutkan oelh Ibnu taimiyah :

ويجوز تسمية من بعد الخلفاء الراشدين [خلفاء] وإن كانوا ملوكا، ولم يكونوا خلفاء الأنبياء بدليل ما رواه البخاري ومسلم في صحيحيهما عن أبي هريرة رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: (كانت بنو إسرائيل يسوسهم الأنبياء كلما هلك نبي خلفه نبي وإنه لا نبي بعدي وستكون خلفاء فتكثر، قالوا فما تأمرنا ؟ قال: فوا ببيعةالأول فالأول، ثم أعطوهم حقهم، فإن الله سائلهم عما استرعاهم). فقوله:(فتكثر) دليل على من سوى الراشدين فإنهم لم يكونوا كثيرا. وأيضا قوله:(فوا ببيعة الأول فالأول) دل على أنهم يختلفون، والراشدون لم يختلفوا

”Bolehnya menyebut khalifah terhadap orang2 yang memimpin setelah era Khulafaur-Rasyidin, WALAUPUN MEREKA SEBENARNYA ADALAH RAJA DAN BUKAN PULA SEBAGAI PENGGANTI PARA NABI. Hal itu berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dalam kitab Shahih mereka dari Abi Hurairah radliyallaahu ’anhu, dari Rasulullah shallallaahu ’alaihi wasallam bahwasannya beliau bersabda : ”Adalah Bani Israail dibimbing oleh banyak nabi. Setiap kali seorang Nabi meninggal, maka digantikan oleh Nabi yang lain. Tidak ada Nabi lagi setelahku. Dan kelak akan ada beberapa khalifah yang kemudian menjadi banyak”. Mereka (para shahabat) bertanya : ”Apa yang engkau perintahkan kepada kami ?”. Beliau shallallaahu ’alaihi wasallam menjawab : ”Patuhilah khalifah yang mendapatkan baiat yang pertama, dan penuhilah hak mereka. Karena Allah kelak akan meminta pertangungjawaban atas kepemimpinan mereka”. Sabda Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam : fataktsuru (فتكثر) adalah sebagai dalil bahwasanya yang beliau maksudkan adalah khalifah selain Al-Khulafaur-Rasyidin, karena Al-Khulafaur-Raasyidiin tidak banyak jumlahnya. Dan juga sabda Nabi shallallaahu ’alaihi wasallam : fuu bi-bai’atil-ula fal-ulaa (فوا ببيعة الأول فالأول); menunjukkan bahwasannya mereka berselisih, padahal Khulafaur-Rasyidin itu tidaklah berselisih” [selesai perkataan Ibnu Taimiyyah – Lihat Majmu’ Al-Fataawaa 35/20].

Baca Juga KHALIFAH RASYIDAH KE-5
Post a Comment

Back to Top