[HARUS BACA] FITNAH BERMAKNA SYIRIK (TAFSIR QS - ALBAQARAH : 191)

Diposkan oleh Label: di

Tafsir Surat Al-Baqarah ayat 191 :

وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ

Tak jarang kita mengartikan dan memahami ayat tersebut dgn "Fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan" yang berkonotasi pada "Fitnah" yg berarti sebagai perkataan tanpa dasar yg dilancarkan untuk menjatuhkan atau merendahkan martabat seseorang.
Padahal makna "FITNAH" yg dimaksud dlm ayat itu adalah "KUFUR/SYIRIK", sebagaimana yang dijelaskan oleh para mufassirin, . Berikut Tafsirnya:
TAFSIR AR-RAZI:

(عَن ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ الْمُرَادَ مِنَ الْفِتْنَةِ (الْكُفْرُ بِاللهِ تَعَالَى) وَإِنَّـمَا سُـمِّيَ الْكُفْرَ بِالْفِتْنَةِ لِأَنَّهُ فَسَادٌ فِي الْأَرْضِ يُؤَدِّيْ إِلَى الظُّلْمِ وَالْـهَرْجِ وَفِيْهِ الْفِتْنَةُ وِإِنَّـمَا جُعِلَ الْكُفْرَ أَعْظَمٌ مِنَ الْقَتْلِ لِأَنَّ الْكُفْرَ ذَنْبٌ يُسْتَحِقُّ صَاحِبُهُ بِهِ الْعِقَابَ الدَّائِمَ، وَالْقَتْلُ لَيْسَ كَذَلِكَ، وَالْكُفْرُ يُـخْرِجُ بِهِ صَاحِبَهُ عَنِ الْأَئِمَّةِ، وَالْفِتْنَةُ لَيْسَ كَذَلِكَ، فَكَانَ الْكُفْرَ أَعْظَمٌ مِنَ الْقَتْلِ)).
Artinya : (Diriwayatkan dari Ibnu`Abbas bahwasanya maksud dari kata FITNAH ini adalah KUFUR KEPADA ALLAH TA'ALA. Dan sesungguhnya KUFUR itu disebut Fitnah karena merupakan satu kerusakan dibumi ini yang membawa kepada kedzaliman dan kekacauan. Dan didalam kekufuran itu terdapat fitnah. Dan sungguh kekufuran itu lebih besar (dosanya) daripada pembunuhan karena kekufuran itu adalah dosa yang pelakunya berhak disiksa selamanya, sedangkan pembunuhan tidak seperti itu. Maka Kufur Kepada Allah adalah lebih besar dosanya daripada dosa membunuh. (Tafsir ar-Razi (hlm 141, jilid 5)

Tafsir Al-Baghowy :

 ( والفتنة أشد من القتل ) يعني شركهم بالله عز وجل أشد وأعظم من قتلكم إياهم في الحرم والإحرام

(Fitnah lebih dahsyat daripada pembunuhan) yakni kemusyrikan mereka kepada Allah Azza wa jalla lebih dahsyat daripada membunuh kalian (muslim) pada bulan haram dan pda ihram.

TAFSIR AN-NASAFI:

(قَالَ اللهُ تَعَالَى: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)) أَيْ شِرْكُهُمْ بِاللهِ أَعْظَمُ مِنَ الْقَتْل

Artinya: Allah ta‘ala berfirman: (dan fitnah itu lebih dahsyat dari membunuh))yaitu kesyirikan mereka terhadap Allah terlebih besar daripada perbuatan membunuh). (Tafsir Al-Nasafi : 108):

TAFSIR JALALAIN:


 ((وَالْفِتْنَةُ)) الشِّرْكُ مِنْهُمْ ((أَشَدُّ)) أَعْظَمُ ((مِنَ الْقَتْلِ)) لَـهُمْ فِي الْـحَرَمِ أَوِ الْإِحْرَامِ الَّذِيْ اِسْتَعْظَمُوْه

Artinya: Allah ta‘ala berfirman: (dan fitnah) perbuatan syirik yang mereka lakukan (lebih dahsyat) lebih besar (daripada membunuh) bagi mereka di dalam bulan haram atau bulan-bulan haram yang mereka agungkan. (As-Suyuti dalam tafsirnya al-Jalalayn : J; 1, h. 160)

TAFSIR AT-TABARI:

قَالَ اللهُ تَعَالَى: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)). (سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ:191)

Artinya: : Allah ta`ala berfirman: ((Dan fitnah terlebih dahsyat daripada membunuh)) [Surah al-Baqarah: 191].

حَدَّثَنَا الْـحَسَنُ بْنُ يَـحْيَ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ، أَخْبَرَنَا مَعْمَرُ، عَنْ قَتَادَةَ مِثْلَهُ. حَدَّثَنَاعَنْ عُمَارَ بْنِ الْـحَسَنِ قَالَ، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِيْ حَعْفَرٍ، عَنْ أَبِيْهِ،عَنِ الرَّبِيْعِ: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)) يَقُوْلُ: ((الشِّرْكُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)).

Artinya: Al-Hasan bin Yahya telah menceritakan kepada kami, beliau berkata ‘Abd al-Razzaq telah mengkhabarkan kepada kami, beliau berkata Ma‘mar telah mengkhabarkan kepada kami, dari Qatadah, beliau telah berkata, diceritakan kepada kami dari ‘Ammar bin al-Hasan, beliau berkata: Ibn Abi Ja‘far telah menceritakan kepada kami dari bapaknya ,dari al-Rabi‘: (dan fitnah itu terlebih dahsyat daripada membunuh) beliau (al-Rabi‘) berkata: (Syirik itu terlebih dahsyat daripada membunuh).


حَدَّثَنَا الْمُثَنَّى قَالَ، حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ قَالَ، حَدَّثَنَا أَبُوْ زُهَيْرٍ، عَنْ جُوَيْبِرَ، عَنِ الضَّحَّاكِ: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ))، قَالَ: ((الشِّرْكُ)).

Artinya : Al-Muthanna telah menceritakan kepada kami, beliau berkata Ishaq telah menceritakan kepada kami, beliau berkata Abu Zuhayr telah menceritakan kepada kami, diriwayatkan daripada Juwaybir, diriwayatkan daripada al-Dahhak: (Dan fitnah itu terlebih dahsyatdaripada membunuh) beliau (al-Dahhak) berkata: (Syirik).

حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ قَالَ، حَدَّثَنَا الْـحُسَيْنُ قَالَ، حَدَّثَنَا حَجَّاجٌ قَالَ، قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ، أَخْبَرَنِيْ عَبْدُ اللهِ بْنُ كَثِيْرٍ، عَنْ مُـجَاهِدٍ فِيْ قَوْلِهِ: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّمِنَ الْقَتْلِ))، قَالَ: ((الْفِتْنَةُ الشِّرْكُ)).

Artinya : Al-Qasim telah menceritakan kepada kami, beliau berkata al-Husayn telah menceritakan kepada kami, beliau berkata Hajjaj telah menceritakan kepada kami, beliau berkata, Ibn Jurayj telah berkata: ‘Abdullah b. Kathir telah mengkhabarkan kepada kami, dari Mujahid berhubung firman Allah: (Dan fitnah itu terlebih dahsyat daripada membunuh) beliau (Mujahid) berkata: (Fitnah [di dalam ayat tersebut adalah] kesyirikan).

حَدَّثَنَا عَنِ الْـحُسَيْنِ بْنِ الْفَرْجِ قَالَ، سَـمِعْتُ الْفَضْلُ بْنُ خَالِدٍ قَالَ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ بْنُ سُلَيْمَانَ، عَنِ الضَّحَّاكِ: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ))، قَالَ: ((الشِّرْكُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)).

Artinya: Telah menceritakan kepada kami dari al-Husayn bin al-Farj beliau berkata: Aku telah mendengar al-Fadhl bin Khalid telah berkata, ‘Ubayd bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami dari al-Dahhak: (Dan fitnah itu terlebih dahsyat daripada membunuh) beliau (al-Dahhak): (Syirik itu terlebih dahsyat daripada membunuh).

حَدَّثَنَا يُوْنُسُ قَالَ، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ، قَالَ ابْنُ زَيْدٍ فِيْ قَوْلِهِ جَلَّ ذِكْرُهُ: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ))، قَالَ: ((فِتْنَةُ الْكُفْرِ)). اهـــــ

Artonya : Telah menceritakan kepada kami Yunus, beliau berkata telah menceritakan kepada kami Ibn Wahab, beliau berkata Ibnu Zaid telah berkata pada menjelaskan firman Allah ta`ala: ((Fitnah terlebih dahsyat daripada membunuh)), beliau [Ibn Zaid] berkata: (yaitu fitnah kekufuran). [Tafsir Al-Tabari : j. 3, h. 566]

TAFSIR AL-QURTUBI

(قَوْلُهُ تَعَالَى: (وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)... وَقَالَ غَيْرُهُ: (أَيْ:شِرْكُهُمْ بِاللهِ وَكُفْرُهُمْ بِهِ أَعْظَمُ جُرْمًا وَأَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ الَّذِيْ عَيَّرُوْكُمْ بِهِ). وَهَذَا دَلِيْلٌ عَلَى أَنَّ الآيَةَ نَزَلَتْ شَأْنَ عَمْرِو بْنِ الْـحَضْرَمِيِّ حِيْنَ قَتَلَهُ وَاقِدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ التَّمِيْمِيُّفِيْ آخِرِ يَوْمٍ مِنْ رَجَبٍ الشَّهْرِ الْـحَرَامِ،

Artinya : Selain beliau juga telah berkata: (yaitu kesyirikan mereka terhadap Allah dan kekufuran mereka terhadap-Nya lebih besar dari sudut jenayahnya dan lebih dahsyat daripada membunuh yang kalian dibenci). Ini merupakan dalil bahwa ayat yang turun tersebut tentang keadaan ‘Amru bin al-Hadrami ketika beliau telah dibunuh oleh Waqid bin ‘Abdullah al-Tamimi pada hari terakhir dari bulan Rojab yang merupakan bulan haram.  (Tafsir Al-Qurtubi : h. 242, j. 3)


Tafsir Fathul Qodir:

وقوله : والفتنة أشد من القتل أي الفتنة التي أرادوا أن يفتنوكم ، وهي رجوعكم إلى الكفر أشد من القتل ، ...........  ، وقيل : إن المراد بالفتنة الشرك الذي عليه المشركون

Dan Firman Allah SWT : Dan firnah itu lebih dahsyat daripada pembunuhan yakni Fitnah yang mereka fitnahkan kepada kalian, yaitu kembalinya kepada Kufur adalah lebih dahsyat daripada pembunuhan, ......... dan dikatakan : maksud dari FITNAH yaitu Syirik yang membawanya kepada kemusyrikan.


TAFSIR AS-SUYUTI:

قَالَ السُّيُوْطِيُّ فِيْ كِتَابِهِ الدُّرِّ الْمَنْثُوْرِ فِي التَّفْسِيْرِ بِالْمَأْثُوْرِ (m/s 313, j. 2):(وَأَخْرَجَهُ ابْنُ أَبِيْ حَاتِمٍ عَنْ أَبِي الْعَالِيَةِ: (وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)،يَقُوْلُ: (الشِّرْكُ أَشَدُّ.

Artinya: Al-Suyuti menerusi kitabnya al-Durr al-Manthur fi al-Tafsir bi al-Ma’thur berkata: Ibn Abi Hatim telah mengeluarkan daripada Abi al-‘Aliyah: (Dan fitnah itu lebih dahsyat daripada membunuh), beliau (Abu al-‘Aliyah) berkata: (Syirik itu terlebih dahsyat [daripada dosa membunuh]).

 (وَأَخْرَجَهُ ابْنُ أَبِيْ حَاتِمٍ عَنْ أَبِيْ مَالِكٍ فِيْ قَوْلِهِ: (وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)، قَالَ: (الْفِتْنَةُ الَّتِيْ أَنْتُمْ مُقِيْمُوْنَ عَلَيْهَا أَكْبَرُ مِنَ الْقَتْلِ).

Artinya : Ibnu Abi Hatim telah mengeluarkan daripada Abi Malik berhubung firmanNya: (Dan fitnah itu lebih dahsyat daripada membunuh), beliau telah berkata: (Al-fitnah [syirik] yang kalian telah lakukan tersebut terlebih besar daripada membunuh).

(وَأَخْرَجَهُ عَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، وَابْنُ جَرِيْرٍ، عَنْ مُجَاهِدٍ فِيْ قَوْلِهِ: (وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ).قَالَ: ((اِرْتِدَادُ الْمُؤْمِنِ إِلَى الْوَثَنِ أَشَدُّ عَلَيْهِ أَنْ يُقْتَلَ مَـحْقًا)اهـــ كلام السيوطي.

Artinya :‘Abd bin Humayd dan Ibn Jarir telah mengeluarkan dari Mujahid, Allah firmanNya: ((Dan fitnah itu lebih dahsyat daripada membunuh)), (Kembalinya orang beriman kepada [menyembah] patung berhala [yaitu syirik] lebih dahsyat atasnya daripada dibunuh) selesai kalam al-Suyuti.


TAFSIR AL-BAIDHAWI

 قَالَ الْقَاضِيُّ الْبَيْضَاوِيُّ فِيْ تَفْسِيْرِهِ (m/s 500, j. 1):((قَوْلُهُ تَعَالَى: ((وَقَاتِلُوْهُمْ حَتَّى لَا تَكُوْنَ فِتْنَةٌ))... قِيْلَ الْمُرَادُ بِالْفِتْنَةِ هُنَا الشِّرْكُ وَالْكُفْرُ. اهــــ كلام البيضاوي

Artinya: Al-Qadhi al-Baydawi telah berkata didalam tafsirnya: j. 01, h. 500: ((Firman Allah ta`ala: (Dan hendaklah kalian memerangi mereka sehingga tidak lagi berlaku fitnah))…dikatakan yang dikehendaki dengan perkataan fitnah di sini adalah kesyirikan dan kekufuran.


TAFSIR AL-ALUSI

قَالَ الْعَلَّامَةُ أَبِي الْفَضْلِ شِهَابُالدِّيْنِ السَّيِّدُ مَـحْمُوْدٌ الْأَلُوْسِيُّ الْبَغْدَادِيُّ (127 H) فِيْ تَفْسِيْرِهِ رُوْحِ الْمَعَانِيْ (m/s 75, j. 2): ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)) أَيْ شِرْكُهُمْ فِي الْـحَرَمِ أَشَدُّ قُبْحًا.اهـــــ

Artinya: Al-‘Allamah Abi al-Fadl Syihab al-Dinal-Sayyid Mahmud al-Alusi al-Baghdadi telah berkata di dalam tafsirnya Ruhal-Ma‘ani (j. 02, h. 75):   iaitu di dalam bulan haram terlebih dahsyat kejinya. ((Dan fitnah itu terlebih dahsyat daripada membunuh))[fitnah dengan makna] kesyirikan mereka

TAFSIR BAHRUL MUHITH

قَالَ أَبُوْ حَيَّانَ الْأَنْدَلُسُيُّ (745 H) فِيْ تَفْسِيْرِ الْبَحْرِ الْمُحِيْطِ (m/s 74, j. 2):((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)) فِي الْفِتْنَةِ هُنَا أَقْوَالٌ. أَحَدُهَا: الرُّجُوْعُ إِلَى الْكُفْرِ أَشَدُّ مِنْ أَنْ يَقْتُلَ الْـمُؤْمِنَ قَالَهُ مُـجَاهِدٌ وَكَانُ وْاقَدْ عَذَبُوْا نَفَرًا مِنَ الْـمُؤْمِنِيْنَ لِيَرْجِعُوْا إِلَى الْكُفْرِ، فَعَصَمَهُمُ اللهُ، وَالْكُفْرُ بِاللهِ يَقْتَضِي الْعَذَابَ دَائِمًا، وَالْقَتْلُ لَيْسَ كَذَلِكَ...وَالثَّانِيْ:الشِّرْكُ أَيْ شِرْكُهُمْ بِاللهِ أَشَدُّ حُرْمًا مِنَ الْقَتْلِ الَّذِيْ عَيَّرُوْكُمْ بِهِ فِيْ شَأْنِ ((ابْنِ الْـحَضْرَمِيِّ)).اهـــــ

Artinya : Abu Hayyan al-Andalusi (m. 745H) berkata di dalam tafsirnya al-Bahr al-Muhit (j. 02, h. 74): ((Dan fitnah itu lebih dahsyat daripada membunuh)), pada perkataan fitnah di sini terdapat beberapa pendapat: salah satu daripadanya: Pendapat tersebut telah disebutkan oleh Mujahid dan mereka telah dsiksa disebabkan memisahkan diri dari orang yang beriman untuk mereka kembali kepada kekufuran. Maka Allah telah memelihara mereka. Kekufuran terhadap Allah membawa kepada siksa yang kekal, sedangkan perbuatan membunuh tidak sedemikian... Dan pendapat yang kedua: Syirik yakni Kesyirikan mereka atas Allah SWT lebih dahsyat daripada membunuh seorang yang beriman. 

TAFSIR IBNU KATSIR:

قَالَ ابْنُ كَثِيْرٍ (774 H) فِيْ تَفْسِيْرِ الْقُرْءَانِ الْعَظِيْمِ (m/s 216, j. 2):((قَالَ أَبُو الْعَالِيَةِ، وَمُـجَاهِدٌ، وَسَعِيْدُ بْنُ جُبَيْرٍ، وَعِكْرَمَةُ، وَالْـحَسَنُ،وَقَتَادَةُ، وَالضَّحَّاكُ، وَالرَّبِيْعُ بْنُ أَنَسٍ فِيْ قَوْلِهِ: ((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)) يَقُوْلُ: ((الشِّرْكُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)).اهـــــ

Artnya: Ibn Katsir (m.774H) berkata di dalam Tafsir al-Quran al-‘Azim (j. 02, h. 216): ((Abu al-‘Aliyah, Mujahid, Sa‘id b. Jubayr, ‘Ikrimah, al-Hasan, Qatadah, al-Dahhak,dan al-Rabib. Anas berkata berhubung firman Allah: ((Dan fitnah itu lebih dahsyat daripada membunuh))beliau berkata: ((kesyirikan itu lebih dahsyat daripada pembunuhan)).


TAFSIR AD-DAHHAK

قَالَ الضَّحَّاكُ (105 H) فِيْ تَفْسِيْرِهِ (m/s 179, j. 1):((وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)) الشِّرْكُ. وَقَالَ أَيْضًا: ((الشِّرْكُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ)).اهـــــ

Artinya : Al-Dahhak (m. 105H) di dalam tafsirnya (j. 01, h. 179): Al-Dahhak berkata: (Dan fitnah itu lebih dahsyat daripada membunuh) yaitu kesyirikan). Beliau berkata juga: (Syirik itu terlebih dahsyat daripada membunuh).  


Seedangkan Hukum Fitnah (tuduhan Palsu, bukan Syirik) yaitu :

وَالَّذِينَ يَرْمُونَ الْمُحْصَنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوا بِأَرْبَعَةِ شُهَدَاءَ فَاجْلِدُوهُمْ ثَمَانِينَ جَلْدَةً وَلَا تَقْبَلُوا لَهُمْ شَهَادَةً أَبَدًا ۚوَأُولَـٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
Dan orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik (berbuat zina) dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (yang menuduh itu) delapan puluh kali dera, dan janganlah kamu terima kesaksian mereka buat selama-lamanya. Dan mereka itulah orang-orang yang fasik.(Qs 24:4:
Post a Comment

Back to Top