Dalam Kitab Lisanul Araby Karya Ibnu Manzhur disebutkan nama2 hari masa jahiliyah dan masa islam.
السبت : شبار. = sabtu = syibarun
الأحد : أوَّل = ahad = awwalun
الاثنين : أهون = senin = ahwanun
الثلاثاء : جبار = selasa = jubarun
الأربعاء : دبار = rabu = dubarun
الخميس : مؤنس = kamis = mu'nisun
الجمعة : عروبة = jum'at = 'arubah
Juga terdapat sebuah riwayat, sbb:
ونقل عن الزجاج والفراء وأبي عبيدة : أن العرب العاربة كانت تسمي الأيام هكذا : السبت شبار ، الأحد أول ، الاثنين أهون ، الثلاثاء جبار ، الأربعاء دبار ، الخميس مؤنس ، الجمعة العروبة . وأول من نقل العروبة إلى الجمعة كعب بن لؤي ، نقل من بذل المجهود شرح أبي داود .
Dan dikutip dr Zajaj, farra' dan abu ubaidah : Sungguh diarab ada sebutan hari2 sbb: Sabtu itu sibarun, ahad itu awwalun, itsnin itu ahwanun, tsulatsa' itu Jubarun, al-arbaa' itu dubarun, al-khamis itu mu'nisun, jum'at itu 'arubah. Dan orang pertama yang mengganti 'arubah menjadi jum'at adlah ka'ab bin luay, dinukil dr Badzlul Majhud syarah abi daud.
قال القرطبي : وأول من سماها جمعة : الأنصار ، ونقل عن ابن سيرين قوله : جمع أهل المدينة من قبل أن يقدم النبي - صلى الله عليه وسلم - المدينة ، وقبل أن تنزل الجمعة هم الذين سموها الجمعة ، وذلك أنهم قالوا : إن لليهود يوما يجتمعون فيه في كل سبعة أيام يوم ، وهو السبت ، وللنصارى يوم مثل ذلك وهو الأحد ، فتعالوا فلنجتمع حتى نجعل يوما ، لنتذاكر الله ، ونصلي فيه ونستذكر أو كما قالوا ، فقالوا : يوم السبت لليهود ، ويوم الأحد للنصارى فاجعلوه يوم العروبة ، فاجتمعوا إلى سعد بن زرارة وهو أبو أمامة رضي الله عنه ، فصلى بهم يومئذ ركعتين ، وذكرهم فسموه يوم الجمعة ...
Al-Qurthubi mengatakan : dan orang yang pertama kali menyebutnya dengan 'Jumat' yaitu Kaum Anshor, dan dinukil dari Ibnu Sirrin beliau mengatakan : "semua penduduk madinah sebelum kedatangan Nabi Muhammad SAW ke madinah, dan sebelum turunnya surat Al-Jumuah mereka sudah menyebutnya dg "Jumat".
dalam hal ini mereka berkata: bahwa Yahudi mempunyai hari untuk berkumpul itu 7 hari sekali yaitu sabtu, dan Nasrani juga memiliki hari berkumpul yaitu hari minggu. maka kami datang dan berkumpul sampai kami menetapkan satu hari untuk mengingat (dzikir) kepada Allah, Sholat dan melakukan dzikir bersama.
Mereka juga mengatakan : hari satu bagi kaum Yahudi, hari ahad (minggu) untuk nasrani, maka bagi kami (menjadikan) 'Arubah (hari jumat). Maka mereka berkumpul kpda Sa'ad bin Zaroroh dia adalah Abu Umamah Radiyallahu Anhu, maka dia sholat dua rokaat dengan mereka, maka mereka menyebut hari itu dengan hari "jumat
Sedangkan dalam riwayat lain disebutkan bahwa :
وقال وهب بن منبه الصنعاني رضي الله عنه : إنما سمي يوم الجمعة لأن طينة آدم عليه السلام جمعت فيه .
Berkata Wahab bin manbih al-shon'ani RA : sebab disebut hari jum'at adalan karena tanah liat nabi adam sedang dikumpulkan.
قال العلامة الإمام ابن القيم رحمه الله تعالي في كتابه ( الروح ) :
dan Imam Ibnul Qayyim RA dalam kitab Ar-Ruh mengatakan:
روي أبو هريرة رضي الله عنه قال: أخذ رسول الله صلي الله عليه وسلم بيدي فقال :
" خلق الله تعالي التربة يوم السبت ، وخلق فيها الجبال يوم الأحد ، وخلق الشجر يوم الإثنين ، وخلق المكروه يوم الثلاثاء ، وخلق النور يوم الأربعاء ، وبث فيه الدواب يوم الخميس ، وخلق آدم من يوم الجمعة آخر الخلق من آخر ساعة من ساعات الجمعة " رواه أحمد ومسلم وابن حبان .
Abu Hurairah mengatakan bahwa: Rasulullah memegang tanganku lalu bersabda, "Allah menciptakan tanah pada hari Sabtu, menciptakan gunung2 pada hari Ahad, menciptakan pohon pada hari Senin, menciptakan hal-hal yang tak baik pada hari Selasa, menciptakan cahaya pada hari Rabu, menciptakan gunung-gunung pada hari Kamis dan menciptakan Adam sesudah Asar pada hari Jumat pada saat terakhir itu antara waktu Asar dan permulaan malam." (H.R Ahmad dan Ibnu Hibban)
Ibnu Ibas Ra juga meriwayatkan hal yang sama seperti diatas dlam kitab Badai'uz zuhur fii waqoi'ud Duhur; dari Ibnu Abbas:
وأورد ابن إياس رحمه الله في ( بدائع الزهور في وقائع الدهور) ، قال : قال ابن عباس رضي الله عنهما : إن رسول الله صلي الله عليه وسلم قال : "خلق الله الأرض يوم السبت ، وخلق الجبال يوم الأحد ، وخلق الأشجار يوم الإثنين ، وخلق الكروم يوم الثلاثاء ، وخلق الظلمة والنور يوم الأربعاء ، وخلق الدواب يوم الخميس ، وخلق آدم عليه السلام يوم الجمعة " .
وقد اختلف جماعة من العلماء في اليوم الذي ابتدأ الله تعالي فيه المخلوقات ، فجاء علي 3 أقوال :
Dan ulama berbeda pendapat ttg hari yang pertama kali diciptakan untuk makhluknya, (paling tidak) ada 3 pendapat yang sampai padaku (muallif):
قال ابن اسحق : هو يوم السبت ،
وقال كعب الأحبار: هو يوم الأحد ،
وقال أهل الإنجيل : هو يوم الإثنين ،
Ibnu Ishaq berkata : Hari yang pertama Adalah hari sabtu
Ka'ab al-ahbar berkata : yaitu haru ahad (minggu)
dan menurut ahli Injil : yaitu hari Senin.
وقال النبي صلي الله عليه وسلم : " خلق الله تعالي في يوم الجمعة الشمس والقمر والنجوم والملائكة إلي ثلاث ساعات مضين من يوم الجمعة "
Dan Nabi SAW bersabda : Allah menciptakan Matahari, bulan, bintang2, dan malaikat pada hari Jum'at sampai 3 jam lamanya drhari jumat.