Muqaddimah
Bulan Sya`ban adalah bulan yang mulia,
bulan yang penuh dengan barokah dan kebaikan. Lebih-lebih pada malam
Nishfu Sya`ban, malam yang paling utama dibanding malam-malam lain
kecuali Lailatul Qodar pada bulan Ramadlan, malam ditetapkannya semua
ajal (umur), amal perbuatan dan rizqi manusia sampai pada malam Nishfu
Sya'ban pada tahun berikutnya.
Oleh sebab itu, pada setiap malam
Nishfu Sya'ban perlu diisi dengan amalan-amalan yang telah diwarisi oleh
Ulama Kholaf dari Ulama Salaf yang saleh.
Berikut ini adalah catatan edisi spesial Nishfu Sya'ban..
I. Fadhilah (Keutamaan) Malam Nishfu Sya’ban
Rasulullah –shallallaahu ‘alaihi wasallam- bersabda:
“يَطَّلِعُ
اللهُ إِلَى خَلْقِهِ فِيْ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ
لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ”
YATHTHALI’U
ALLAAHU ILAA KHALQIHII FII LAILATINNISHFI MIN SYA’BAANA FAYAGHFIRU
LIJAMII’I KHALQIHII ILLAA LIMUSYRIKIN AU MUSYAAHININ
”Allah
melihat kepada semua mahkluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban. Makai Dia
memberi ampunan kepada semua mahkluk-Nya, kecuali kepada orang yang
musyrik dan orang yang bermusuhan.”
Keterangan:
Pertama:
Hadits diatas termaktub dalam kitab al Jaami’ al Kabiir karya Imam Suyuthi.
Hadits
ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibbaan, ath Thabarani, Ibnu Syaahiin dalam
at Targhiib, al Baihaqi dalam Syu’abil Iimaan dan Ibnu ‘Asaakir dari
shababat Mu’adz.
Sumber Kitabnya klik Disini
Kedua:
Hadits yang sama diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari shahabat Abi Musa Al Asy’ari dengan matan sebagai berikut:
إن الله ليطلع ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن
INNALLAAHA LAYATHTHALI’U LAILATANNISHFI MIN SYA’BAAN FAYAGHFIRU LIJAMII’I KHALQIHII ILLAA LIMUSYRIKIN AU MUSYAAHININ
Catatan:
-
Imam al Buushiri dalam kitab Az Zawaaid menilai hadits diatas
(maksudnya yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah) sanadnya dha’if (lihat
kitab Sunan Ibnu Majah juz I halaman 445, hadits nomor 1390),
Sementara al Albaani menilainya sebagai hadits Hasan sebagaimana disebutkan dalam bukunya Shahih Ibnu Majah no hadits 1140
Diantara
fadlilah malam Nishfu Sya’ban adalah sebagaimana dikatakan oleh Imam
Syafi’i dalam kitab Al Umm (juz I halaman 264, cetakan tahun 1990, Daar
al Fikr, atau bisa
buka kitab onlinenya Klik disini
Beliau berkata:
وبلغنا أنه كان يقال: إن الدعاء يستجاب في خمس ليال في ليلة الجمعة وليلة الاضحى وليلة الفطر وأول ليلة من رجب وليلة النصف من شعبان
WABALAGHANAA
ANNAHUU KAANA YUQAALU INNA ADDU’AA`A YUSTAJAABU FII KHAMSI LAYAALIN FII
LAILATIL JUMU’ATI WALAILATIL ADHHAA WALAILATIL FITHRI WAAWWALI LAILATIN
MIN RAJABA WALAILATINNISHFI MIN SYA’BAANA
: "Telah sampai kepada
kami riwayat bahwa sesungguhnya doa dikabulkan pada lima malam: malam
Jum'at, malam Idul adha, amalam Fithri, malam awal bulan Rajab, dan
malam Nishfu Sya'ban.”
II. Hukum Merayakan Malam Nishfu Sya’ban
Al Hafidh Ibnu Rajab dalam kitab Lathaa’iful Ma’aarif mengatakan:
و ليلة النصف من شعبان كان التابعون من أهل الشام كخالد بن معدان ومكحول و لقمان بن عامر و غيرهم يعظمونها و يجتهدون فيها في العبادة
wa
lailatunnishfi min Sya'baan kaana attaabi'uun min ahli Asy Syaam ka
Khaalid ibn Ma'daan wa Makhuul wa Luqmaan ibn 'Aamir wa ghairuhum
yu'adhdhimuunahaa wa yajtahiduuna fiihaa bil 'ibaadah
"Malam
Nishfu Sya'ban adalah para tabi'in dari penduduk Syam, seperti Khaalid
bin Ma'daan, Makhuul dan Luqman bin Amir dan lainnya mereka
mengagungkannya dan bersungguh-sungguh pada malam itu dengan beribadah."
Catatan:
- Khalid bin bin Ma'dan adalah tabi'in yang tsiqah dan ahli beribadah
lihat:
Taqriibuttadzhiib halaman 191 karya al Hafidh Ibnu Hajar
-
Makhuul, menurut penjelasan Al Hafdidh Adz Dzahabi dalam Miizaanul
I'tidal 4/177 bukan hanya satu orang yang mentsiqahkan beliau.
Luqman
bin Amir menurut penjelasan Al Hafidh Adz Dzahabi dalam Miizaanul
I'tidal 3/419 adalah shaduuq (sangat jujur), beliau adalah shahib Abi
Umamah al Bahili
Sumber Kitabnya Klik Disini
Selanjutnya Al Hafidh Ibnu Rajab berpesan:
فينبغي للمؤمن أن يتفرغ في تلك الليلة لذكر الله تعالى، ودعائه بغفران الذنوب
fayanbaghii lil mu`min an yatfarragha fii tilka allailati lidzikrillaah Ta'aalaa wa du'aa`ihii bighufraanidzdzunuub
"Maka
seyogyanya bagi orang mukmin untuk mencurahkan pada malam itu untuk
berdzikir kepada Allah dan berdoa agar diampuni dosa-dosanya."
III. Amaliah Pada Malam Nishfu Sya’ban
Pertama:
Melakukan Shalat Sunnah & Membaca Surat Yasin
Berikut Fatwa Syeikhul Islam Ibnu Taimiyyah tentang Shalat Nishfu Sya'ban.
Beliau berkata dalam Majmu’ Fatawa sbb:
إذا صلى الإنسان ليلة النصف وحده أو في جماعة خاصة كما كان يفعل طوائف من السلف فهو أحسن
IDZAA
SHOLLA AL INSAANU LAILATANNISHFI WAHDAHUU AU FII JAMAA'ATIN KHAASHSAH
KAMAA KAANA YAF'ALU THAWAA`IFU MINASSALAFI FAHUWA AHSANU
“Apabila
sesorang melakukan shalat pada malam nishfu Sya'ban dengan sendirian
atau berjama'ah secara khusus sebagaimana yang dilakukan oleh beberapa
kelompok dari ulama salaf maka hal itu adalah AHSAN (bagus).
Sumber Kitabnya Klik disini
Adapun tata-cara Shalat Sunnah adalah sebagai berikut:
Syeikh Murtadla Az Zabidi dalam Syarah Ihya “Ittihaf As Saadat Al Muttaqin juz III halaman 427 menerangkan sbb:
وقد
توارثَ الخَلَفُ عن السلَفِ فى إحياء هذه الليلةِ بصلاة ستِّ ركعاتٍ بعد
صلاة المغرب، كلُّ ركعتينِ بتسليمةٍ، يقرأ فى كلِّ ركعةٍ منها بالفاتحةِ
مرةً والإخلاصِ ستَّ مراتٍ، وبعدَ الفراغِ من كل ركعتين يقرأ سورةَ يس
مرةً، ويدعو بالدعاء المشهورِ بدعاء ليلة النصف، ويسأل اللهَ تعالى البركةَ
فى العمر، ثم فى الثانية البركةََ فى الرزق، ثم فى الثالثة حُسْنَ
الخاتمة، وذكروا أنّ من صلى هكذا بهذه الكيفية أُعطيَ جميعَ ما يَطْلب.
Ulama
Khalaf telah mewarisi dari Ulama Salaf tentang menghidupkan malam ini
(Nishfu Sya’ban) dengan melakukan Sholat 6 (enam) roka’at yang
dikerjakan setelah Sholat Maghrib.
Adapun caranya sebagai berikut:
Shalat dua roka’at. Pada tiap-tiap rakaat membaca SURAT AL FATIHAH satu kali dan SURAT AL IKHLASH 6 (enam) kali.
Setelah
salam membaca SURAT YASIN satu kali dengan niat diberi umur panjang dan
barokah, kemudian membaca do'a Nishfu Sya'ban yang masyhur.
Kemudian
Shalat lagi dua rakaat seperti tata cara diatas. Setelah salam membaca
SURAT YASIN satu kali dengan niat diberi rizqi yang barokah, kemudian
membaca do'a Nishfu Sya'ban yang masyhur
Kemudian Shalat lagi dua
rakaat seperti tata cara diatas. Setelah salam membaca SURAT YASIN satu
kali dengan niat diberi husnul khatimah, kemudian membaca do'a Nishfu
Sya'ban yang masyhur.
Ulama menuturkan, bahwasanya orang yang melakukan shalat dengan tata-cara demikian, maka ia akan diberi apa yang ia minta.
Kedua:
Membaca Surat Yasin Tiga Kali
Syeikh
‘Abdul Hamid Muhammad ‘Ali Quds, Mudarris dan Imam Masjidil Haram
(1280-1334H) berkata dalam Kitab كنز النجاح والسرور في الأدعية التي تشرح
الصدور (Kanzunnajaah Wassuruur Fil ad’iyah allatii Tasyrahushshuduur)
halaman 53 s/d 57sbb:
وقد جمع دعاء مأثور مناسب للحال بليلة
النصف من شعبان مشهور ، يقرأه المسلمون تلك الليلة الميمونة فرادا وجمعا
في جوامعهم وغيرها ، يلقنهم أحدهم تلك الدعاء أو يدعو وهم يؤمنون كما هو
معلوم
وكيفيته: تقرأ أولا قبل ذلك الدعاء بعد صلاة المغرب سورة يس ثلاثا
الأولي : بنية طول العمر . الثانية : بنية دفع البلاء الثالثة : بنية الاستغناء عن الناس
وكلما تقرأ السورة مرة تقرأ بعدها الدعاء مرة .
Telah dikumpulkan Doa Ma`tsur yang sesuai dengan keadaan pada malam Nishfu Sya’ban.
Kaum Muslimin membacanya pada malam yang berkah tersebut, sendiri-sendiri dan berjama’ah, di masji-masjid dan yang lainnya.
Salah satu dari mereka menuntun mereka membaca doa, atau dia yang berdoa dan yang lainnya mengamininya.
Adapun tat-caranya sebagai berikut:
Membaca SURAT YASIN 3X
{Yasin Pertama} diniyati diberi umur panjang
{Yasin Kedua} diniyati tolak balak
{Yasin Ketiga} diniyati agar diberi harta yang banyak, halal dan barokah.
Setiap selesai membaca SURAT YASIN, membaca doa NISHFU SYA'BAN
وهذا هو الدعاء المبارك
Berikut Doa Mubarak
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وصَلَّى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصـحبه وسـلَّـم
اَللَّهُمَّ
يَا ذَا الْمَنِّ وَلاَ يُمَنُّ عَلَيْهِ يَا ذَا الْجَلاَلِ
وَاْلاِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَاْلاِنْعَامِ، لا إلهَ الاَّ اَنْتَ
ظَهَرَ اْللاَّجِئِيْنَ وَجَارَ الْمُسْتَجِريْنَ وَمَأمَنَ
الْخَائِفِيْنَ. اَللَّهُمَّ اِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ شَقِيًّا
أَوْ مَحْرُوْمَا أَوْ مَطْرُوْدًا أَوْ مُقْتَرًا عَلَيَّ فِي الرِّزْقِ
فَامْحُ الَّلهُمَّ بِفَضْلِكَ شَقَاوَتِيْ وَحِرْمَانِي وَطَرْدِيْ
وَاِقْتَارَ رِزْقِيْ وَأَثْبِتْنِيْ عِنْدَكَ في أم الكتاب سَعِيْدًا
مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ، فَانَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ
الْحَقُّ فِي كِتَابِكَ اْلـمُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ
اْلـمُرْسَلِ: (يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ
الْكِتَابِ) اِلَهِي بِالتَّجَلِّى اْلاَعْظَمِ فِي لَيْلَةِ النِّصْفِ
مِنْ شَهْرِ شَعْباَنَ اْلـمُكَرَّمِ الَّتِى يُفْرَقُ فِيْهَا كُلُّ
أَمْرٍ حَكِيْمٍ وَيُبْرَمُ، أسألك أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلاَءِ
مَا نَعْلَمُ وَمَا لاَ نَعْلَمُ وَمَا اَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ، اِنَّكَ
أَنْتَ اْلأَعَزُّ اْلاَكْرَمُ وَصَلَّى اللهُ تَعَالى عَلىَ سَيِّدِنَا
مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
.
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM
WASHALLALLAAHU ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WASHAHBIHII WASALLAM
ALLAAHUMMA
YAA DZALMANNI WALAA YUMANNU ‘ALAIHI YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAM YAA
DZATHTHAULI WAL IN’AAM LAA ILAAHA ILLAA ANTA DHAHRALLAAJIIN WAJAARAL
MUSTAJIIRIIN WA MA`MANAL KHAA`IFIIN
ALLAAHUMMA IN KUNTA KATABTANAA
‘INDAKA FII UMMIL KITAABI SYAQIYYAN AU MAHRUUMAN AU MATHRUUDAN AU
MUQTARAN ‘ALAYYA FIRRIZQI FAMHULLAAHUMMA BIFADHLIKA SYAQAAWATII
WAHIRMAANII WATHARDII WA IQTAARA RIZQII WA ATSBITNII ‘INDAKA FII UMMIL
KITAABI SA’IIDAN MARZUUQAN MUWAFFAQAN LILKHAIRAATI
FA INNAKA QULTA WAQAULUKALHAQQU FII KITAABIKAL MUNZAL ‘ALAA LISAANI NABIYYIKALMURSAL
”YAMHULLAAHU MAA YASYAA`U WA YUTSBITU WA ‘INDAHUU UMMUL KITAABI”
ILAAHII,
BITTAJALLIL A’DHAM FII LAILATINNISHFI MIN SYA’BAANAL MUKARRAM ALLATII
YUFRAQU FIIHAA KULLU AMRIN WAYUBRAM AS`ALUKA AN TAKSYIFA ‘ANNAA MINAL
BALAA`I MAA NA’LAMU WAMAA LAA NA’LAM INNAKA ANTAL A’AZZUL AKRAM
WASHALLALLAAHU TA’AALAA ‘ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ‘ALAA AALIHII WASHAHBIHII WASALLAM
BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM.
Wallaahu A’lam
Semoga bermanfaat.