MACAM-MACAM AMALAN PENYELAMAT UMAT NABI MUHAMMAD SHOLLALLOHU 'ALAIHI WASALLAM

Diposkan oleh Label: di
Dinukil dari kitab tobaqotus syaf'iyah kubro karangan imam tajuddin as subki:

عن عبد الرحمن بن سمرة القرشي قال خرج إلينا رسول الله غداة فقال إني رأيت البارحة عجبا رأيت رجلا من أمتي أتاه ملك الموت ليقبض روحه فجاءه بره بوالديه فمنعه
dari abdurrahman bin samuroh al qurosyi berkata , " suatu pagi Rasululloh keluar menuju kita dan beliau berkata,
" sesugguhnya kemaren aku melihat sesuatau yg ajaib, aku melihat sesorang dari umatku yg didatangi oleh malaikat maut yg akan mencabut nyawanya kemudian datanglah amalan kebaikan dia kepada kedua orang tuanya maka amalan tsb mencegahnya."

ورأيت رجلا من أمتي وقد بسط عليه عذاب القبر فجاءه وضؤوه للصلاة فمنعه
" aku melihat salah seorang dari umatku dan telah digelar untuknya siksa kubur kemudian datanglah amalan wudhunya utk sholat maka amalan tsb mencegahnya."

ورأيت رجلا من أمتي قد احتوشته ملائكة العذاب فجاءته صلاته فخلصته من بينهم
" aku melihat salah seorang dari umatku yg telah dikepung oleh malaikat penyiksa kemudian datanglah amalan sholatnya maka amalan tsb menyelamatkan dia dari kepungan malaikat penyiksa "

ورأيت رجلا من أمتي يلهث عطشا كلما ورد حوضا طرد فجاءه صومه رمضان فسقاه
" aku melihat salah seorang umatku yg terengah2 karena kehausan , ketika sampai ke telaga malah ditolak, kemudian datanglah amalan puasanya dibulan romadhon maka kemudian dia diberi minum."

ورأيت رجلا من أمتي والمؤمنون حلقا حلقا كلما أتى حلقة طرد فجاءه اغتساله من الجنابة فأجلسه إلى جنبي
" aku melihat salah seorang dari umatku sedangkan orang2 mukmin berkelompok kelompok , ketika dia mendekati salah satu kelompok maka dia ditolak kemudian datanglan amalan mandi janabatnya maka kemudian mereka mendudukkan dia disampingku "

ورأيت رجلا من أمتي بين يديه ظلمة
ومن خلفه ظلمة ومن تحته ظلمة وهو يتسكع في الظلمة فجاءه حجه وعمرته فأخرجاه من الظلمة وأدخلاه النور
" aku melihat salah seorang dari umatku yg didepannya kegelapan, belakangnya kgelapan dibawahnya jg kegelapan dan dia sedang meraba raba dalam kegelapan, kemudian datanglah amalan haji dan umrohnya maka kedua amalan tsb mengeluarkannya dari kegelapan dan memasukkannya kedalam cahaya."

ورأيت رجلا من أمتي يكلم المؤمنين فلا يكلم فجاءته صلته للرحم فقالت يا معشر المؤمنين كلموه فإنه كان واصلا لرحمه فكلمه المؤمنون وصافحوه وكان معهم
" aku melihat salah seorang umatku yg berbicara kepada orang2 mukmin tapi tdk bisa berbicara, kemudian datanglah amalan silaturr rahimnya, kemudian amalan tsb berkata " whai jama'ah mukminin , berbicaralah pada dia karena sesungguhnya dulu dia adalah orang yg menyambung saudaranya ," kemudian orang2 mukmin berbicara padanya dan menjabat tangannya dan dia termasuk bersama mereka."

ورأيت رجلا من أمتي يتقي وهج النار وشررها بيده عن وجهه فجاءته صدقته فكانت ظلا على رأسه وسترا على وجهه
" aku melihat salah seorang umatku menjaga wajahnya dgn tangan dan api menyala nyala dan percikannya menyambar2, kemudian datanglah amalan shodaqohnya maka shodaqoh tsb menjadi naungan diatas kepalanya dan jg menjadi penutup bg wajahnya."

ورأيت رجلا من أمتي جاثيا على ركبتيه بينه وبين الله حجاب فجاءه حسن خلقه وأخذ بيده فأدخله على الله عز وجل
" aku melihat salah seorang umatku merangkak dengankedua lututnya diantara dia dgn Allah terdapat penutup, kemudian datanglah amalan akhlaq baiknya maka diambillah tangan orang tsb dan dimasukkanya kehadirat Allah azza wajalla."

ورأيت رجلا من أمتي قد أخذته الزبانية من كل مكان فجاءه أمره بالمعروف ونهيه عن المنكر فخلصاه من بينهم فأدخلاه مع ملائكة الرحمة
" aku melihat salah seorang dari umatku yg telah dikepung oleh malaikat zabaniyah dari berbagai tempat, kemudian datanglah amalan amar ma'ruf nahi mungkarnya maka amalan tsb menyelamatkan dia dari malaikat zabaniyah dan memasukkannya bersama malaikat rahmah ."

ورأيت رجلا من أمتي يؤتي صحيفته من قبل شماله فجاءه خوفه من الله عز وجل فأخذ صحيفته فجعلها في يمينه
" aku melihat salah seorang dari umatku yg buku catatan amalnya diberikan dari arah kirinya kemudian datanglah amalan khouf (takut) kpd Allah azza wajalla maka diambillah buku catatan amal tsb dan dijadikannya ke arah kanannya."

ورأيت رجلا من أمتي على شفير جهنم فجاءه رجاؤه في الله عز وجل فخلصه من ذلك
" aku melihat salah seorang dari umatku berada di pinggirnya neraka jahanam kemudian datanglah amalan raja' (harapan) kpd Allah azza wajalla maka selamatlah dia dari pinggir neraka jahannam tsb."

ورأيت رجلا من أمتي قد هوى في النار فجاءته دموعه التي بكى من خشية الله فاستنقذته من ذلك
" aku melihat salah seorang dari umatku yg telah turun kdalam neraka kemudian datanglah airmatanya yg dia menangis karena takut kpd Allah maka airmata tsb menyelamatkannya dari hal itu."

ورأيت رجلا من أمتي قائما على الصراط يرعد كما ترعد السعفة في ريح عاصف فجاءه حسن ظنه بالله فسكن روعه ومشى على الصراط
" aku melihat salah seorang dari umatku yg berdiri diatas shirot (jembatan yg lebih tajam dari pedang) dia genetaran sebagaimana bergetarnya pohon kurma yg terkena angin topan, kemudian datanglah amalan hushudz dzon (berbaik sangka) kpd Allah maka menjadi tenaglah gemetarnya tsb dan bisa berjalan diatas jembatan td."

ورأيت رجلا من أمتي على الصراط يحبو أحيانا ويزحف أحيانا ويتعلق أحيانا فجاءته صلاته على فأقامته على قدمه فمضى على الصراط
" aku melihat salah seorang dari umatku yg berada diatas jembatan terkadang mengesot, kadang merangkak dan terkadang bergelantungan kemudian datanglah bacaan sholawatnya dia kepadaku maka aku mendirikannya diatas kedua telapak kakinya kemudian dia lewat keatas jembatan."

ورأيت رجلا من أمتي انتهى إلى أبواب الجنة كلما انتهى إلى باب غلق دونه فجاءته شهادة أن لا إله إلا الله مخلصا بها قلبه ففتحت له الأبواب وأدخل الجنة
" aku melihat salah seorang dari umatku yg telah sampai kepintu syurga tapi ketika sampai pintunya terkunci , kemudian datanglah syahadatnya laa ilaaha illalloh yg ikhlas dari hati maka terbukalah pintu syurga tsb dan masuklah dia kedalam syurga."


كتاب: طبقات الشافعية الكبرى
تاج الدين السبكي
Source : Mas Hamzah 
Post a Comment

Back to Top