HATI-HATI MENERIMA PEMBERIAN ORANG LAIN

Diposkan oleh Label: di
Oleh : Mahmud Pingaran

Hukum menerima apa saja dr orangyg kt ketahui di tangan nya ada yg halal dan haram

dalam fathul mu'in halaman 258

ﻓﺎﺋﺪﺓ: ﻗﺎﻝ ﻓﻲ اﻟﻤﺠﻤﻮﻉ: ﻳﻜﺮﻩ اﻷﺧﺬ ﻣﻤﻦ ﺑﻴﺪﻩ ﺣﻼﻝ ﻭﺣﺮاﻡ ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ اﻟﺠﺎﺋر ﻭﺗﺨﺘﻠﻒ اﻟﻜﺮاﻫﺔ ﺑﻘﻠﺔ اﻟﺸﺒﻬﺔ ﻭﻛﺜﺮﺗﻬﺎ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﺇﻻ ﺇﻥ ﺗﻴﻘﻦ ﺃﻥ ﻫﺬا ﻣﻦ اﻟﺤﺮاﻡ ﻭﻗﻮﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ: ﻳﺤﺮﻡ اﻷﺧﺬ ﻣﻤﻦ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﺎﻟﻪ ﺣﺮاﻡ ﻭﻛﺬا ﻣﻌﺎﻣﻠﺘﻪ: ﺷﺎﺫ.

ini satu faidah:
imam nawawi dalam kitab almajmu mengatakan: makruh hukum nya menerima sesuatu pemberian atau sedekah dr seseorang yg ditangan nya ada harta halal dan haram,spt pemerintah yg korupsi,atau pengusaha yg tdk jujur,aplg pemain judi, ukuran kemakruhan nya itu bisa di ukur lewat hartanya,apkh syubhatnya sdkt atau bnyak,dan memang tdk haram menerimanya,selama kt tdk bs meyakini harta yg diberinya itu apkh yg halal atau yg haram, adapun pendapat imam gozali yg mengatakan : haram menerima apapun dr orangyg kebanyakan dr hartanya itu harta haram,dan jg haram bermu'amalah/berhubungan dgn orang itu, pendapat imam gozali ini adalah pendapat syadz,atau menyalahi jumhur

dalam i'anah nya

(ﻗﻮﻟﻪ: ﻗﺎﻝ ﻓﻲ اﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺇﻟﺦ) ﻣﺜﻠﻪ ﻓﻲ اﻟﺘﺤﻔﺔ ﻭاﻟﻨﻬﺎﻳﺔ.

perkataan diatas jg ada dalam ktb tuhfatul muhtaj ibnu hajar dan nihayatul muhtaj ramli,brarti fahaman nya dalam mugnil muhtaj khatib tdk ada.

(ﻗﻮﻟﻪ: ﻳﻜﺮﻩ اﻷﺧﺬ) ﺃﻱ ﺃﺧﺬ اﻟﺼﺪﻗﺔ.
ﻭﻣﺜﻠﻪ اﻟﻤﻌﺎﻣﻠﺔ ﺑﺒﻴﻊ ﺃﻭ ﺷﺮاء.

maksud nya dsini menerima sedekah jar,dan jg makruh sakalinya bermu'amalah dgn orang ini,spt jual beli dgn orang ini,krn bs jd kt trkena cipratan harta haram nya

(ﻗﻮﻟﻪ: ﻛاﻟﺴﻠﻄﺎﻥ اﻟﺠﺎﺋﺮ) ﺃﻱ اﻟﻈﺎﻟﻢ.
ﻭﻣﺜﻠﻪ ﻣﻦ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﺎﻟﻪ ﻣﻦ اﻟﺮﺑﺎ.

maksud ja'ir adalah pemerintah zholim,iya korupsi memakan duit rakyat,nah spt ini juga menerima pemberian dr orang yg kebanyakan hartanya itu dr riba,

(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﺗﺨﺘﻠﻒ اﻟﻜﺮاﻫﺔ ﺑﻘﻠﺔ اﻟﺸﺒﻬﺔ ﻭﻛﺜﺮﺗﻬﺎ) ﺃﻱ ﻓﺎﻥ ﻛﺎﻧﺖ اﻟﺸﺒﻬﺔ ﻓﻲ ﻣﺎﻟﻪ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻋﺪﻣﻬﺎ - ﺑﺄﻥ ﻛﺎﻥ ﺃﻛﺜﺮ ﺃﻣﻮاﻟﻪ ﻣﻦ اﻟﺤﺮاﻡ - ﻛﺎﻧﺖ اﻟﻜﺮاﻫﺔ ﺃﺷﺪ، ﻭﺇﻻ ﻓﻬﻲ ﻛﺮاﻫﺔ ﻏﻴﺮ ﺷﺪﻳﺪﺓ.

cara mengukur kemakruhan nya itu,jika kesyubhatan pd hartanya itu lbh bnyk,misalnya harta yg haram lbh bnyak dr yg halal,maka makruh menerimanya itu lbh dkuatkan,tp jika bnyak yg halalnya,maka makruhnya biasa aja,tp tetap makruh jua

(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ) ﺃﻱ اﻵﺧﺬ ﻭﻗﻮﻟﻪ ﺇﻻ ﺇﻥ اﻟﺦ.
ﺃﻱ ﻓﺈﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﻗﻮﻟﻪ ﺃﻥ ﻫﺬا ﺃﻱ اﻟﻤﺄﺧﻮﺫ ﻭﻗﻮﻟﻪ ﻣﻦ اﻟﺤﺮاﻡ ﺃﻱ اﻟﺬﻱ ﻳﻤﻜﻦ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺃﺻﺤﺎﺑﻪ

maksud dsini : jika si penerima bs mengetahui yg dterimanya itu memang dr yg haram

ﻭﻓﻲ اﻟﺘﺤﻔﺔ: ﻭﻳﺠﻮﺯ اﻷﺧﺬ ﻣﻦ اﻟﺤﺮاﻡ ﺑﻘﺼﺪ ﺭﺩﻩ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﻟﻜﻪ، ﺇﻻ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻔﺘﻴﺎ ﺃﻭ ﺣﺎﻛﻤﺎ ﺃﻭ ﺷﺎﻫﺪا ﻓﻴﻠﺰﻣﻪ اﻟﺘﺼﺮﻳﺢ ﺑﺄﻧﻪ ﺇﻧﻤﺎ ﻳﺄﺧﺬﻩ ﻟﻠﺮﺩ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﻟﻜﻪ، ﻟﺌﻼ ﻳﺴﻮء اﻋﺘﻘﺎﺩ اﻟﻨﺎﺱ ﻓﻲ ﺻﺪﻗﺔ ﻭﺩﻳﻨﻪ ﻓﻴﺮﺩﻭﻥ ﻓﺘﻴﺎﻩ ﻭﺣﻜﻤﻪ ﻭﺷﻬﺎﺩﺗﻪ.
اﻩ.

dalam tuhfah: boleh mengambil dr yg haram dgn niat mengembalikan nya kpd pemiliknya,kecuali jika ia seorang mufti,atau hakim atau saksi,maka harus ada kejelasan,misalnya dibikin surat hitam diatas putih bhw ia mengambil harta itu tdk lain tdk bukan hanya untuk mengembalikan kpd pemiliknya,supaya orang2 tdk sangka jahat kpd mereka td,

(ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﻗﻮﻝ اﻟﻐﺰاﻟﻲ) ﻣﺒﺘﺪﺃ ﺧﺒﺮﻩ ﺷﺎﺫ.

kalimat qaulul gazali jd mubtada,khabarnya kalimat syadz

(ﻭﻗﻮﻟﻪ: ﻳﺤﺮﻡ اﻟﺦ) ﻣﻘﻮﻝ اﻟﻘﻮﻝ.

mulai kalimat yahrumu ini adalah perkataan yg dkatakan imam gozali

ﻗﺎﻝ ﻓﻲ اﻟﺘﺤﻔﺔ ﺑﻌﺪﻩ: ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ - ﺃﻱ اﻟﻐﺰاﻟﻲ ﻓﻲ ﺑﺴﻴﻄﻪ - ﺟﺮﻯ ﻋﻠﻰ اﻟﻤﺬﻫﺐ، ﻓﺠﻌﻞ اﻟﻮﺭﻉ اﺟﺘﻨﺎﺏ ﻣﻌﺎﻣﻠﺔ ﻣﻦ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﺎﻟﻪ ﺭﺑﺎ.

imam ibnu hajar mengatakan dalam tuhfah,imam gozali ini mengatakan dalam ktb albasithnya,memberlakukan atas qaul2 khilaf dr beberapa imam,lalu beliau memilih kewara'an atau ihtiat ,dan menyuruh menghindari berhubungan/bermu'amalah dgn orangyg kebnyakan hartanya itu dr yg haram,spt riba,korupsi,dll

ﻗﺎﻝ: ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻟﻢ ﻳﺤﺮﻡ - ﻭﺇﻥ ﻏﻠﺐ ﻋﻠﻰ اﻟﻈﻦ ﺃﻧﻪ ﺭﺑﺎ - ﻷﻥ اﻷﺻﻞ اﻟﻤﻌﺘﻤﺪ ﻓﻲ اﻷﻣﻼﻙ اﻟﻴﺪ،

sesungguhnya hukum tdk haram itu diambil dr fahaman hukum asal nya harta itu sdh jd ada ditangannya,wlwpn ada sangkaan kuat itu harta riba,
Post a Comment

Back to Top