HAJJI-KU DIDEPAN RUMAHKU

Diposkan oleh Label: di
وروي عن عبد الله بن المبارك أنه قال: فرغت من حج عاماً فنمت في الحرم، فرأيت ملكين نازلين من السماء فقال أحدهما للآخر: كم حج من الناس في هذا العام؟ فقال الآخر ستمائة ألف. قال: فكم قبل حجهم؟ فقال: لم يقبل حج أحد منهم. ثم قال: لكن رجل في دمشق يخصف النعل اسمه موفق لم يأت للحج، ولكن قبل حجه، وببركة الحج قبل حج الكل، فانتبهت فقصدت دمشق، ووصلت إلى بابه، فخرج إليّ رجل فسألته عن اسمه فقال موفق. فقلت: أيّ خير خرج منك حتى وجدت هذه الدرجة، فقال: كنت أرجو الحج، وما أمكنني لضيق يدي فحصلت ثلاثمائة درهم من خصف النعل، وقصدت الحج في هذا العام، وكانت امرأتي حاملاً فشمت ريح الطعام من دار جاري فاشتهت ذلك، فقصدت بيت الجار، فخرجت امرأة فأخبرتها، فقالت: لقد اضطررت إلى شرح الحال، فإن أيتامي لم يطعموا شيئاً ثلاثة أيام، فخرجت فرأيت حماراً ميتاً فقطعت منه قطعة وطبخته فهو حلال لنا وحرام عليكم، فجئت داري وأخذت الثلاثمائة درهم وجئت بها إلى دار جاري، وأعطيتها وقلت لها أنفقي على أيتامك. وقلت لنفسي: إن الحج في باب داري فأين أذهب.

diriwayatkan dari Abdullah bin Mubarak, dia berkata:di suatu tahun ketika aku selesai berhaji, aku tertidur di masjidil haram, kemudian aku bermimpi melihat dua malaikat turun dari langit, lalu yg satu berkata:''berapa banyak orang yang berhajji pada tahun ini''? jawab yang lain:''enam ratus ribu'' lalu di tanya:'' berapa banyak yang diterima"? jawabnya:'' tidak seorang pun yang diterima, hanya ada seorang tukang sepatu di damsyiq bernama muwaffaq, dia tidak dapat berhajji, tetapi diterima hajjinya, hingga semua yang hajji pada tahun ini diterima dengan berkat diterima hajjinya muwaffaq itu.
ketika aku mendengar percakapan itu terbangunlah aku dari tidur, dan langsung aku berangkat ke Damsyiq mencari Muwaffaq itu sehingga sampai depan pintunya, keluarlah seorang laki-laki, dan aku menanyakan namanya? jawabnya:'' Muwaffaq''
lalu aku tanya kepadanya: kebaikan apa yang telah engkau lakukan hingga engkau mendapat derajat yang demikian ini?
jawab Muwaffaq: tadinya aku ingin berangkat hajji, tetapi tidak bisa karna tidak ada uang, lalu aku mendapat 300 dirham dari hasil pekerjaanku menambal sepatu, sedang istriku dalam keadaan hamil, lalu ia mencium bau makanan dari rumah tetanggaku dan menginginkan makanan itu, maka aku pergi kerumah tetanggaku, dan keluar dari rumah itu seorang perempuan, lalu aku beritahu hajatku (untuk minta makanan yang ia masak).
jawab perempuan itu, aku terpaksa memberitahu keadaan yang sebenarnya, sesungguhnya anak-anak yatimku sudah tidak makan tiga hari, maka aku keluar mencari makanan untuk mereka, dan aku melihat bangkai himar, maka aku potong sebagian dagingnya dan aku masak, maka makanan itu halal untuk kami dan haram untukmu.
ketika aku mendengar jawaban itu segera aku pulang kerumah mengambil uang 300 dirham dan aku serahkan kepada tetanggaku itu, dan aku berkata pada perempuan itu:''belanjakanlah uang ini untuk anak-anak yatimmu. ''. dan aku berkata pada diriku:'' hajjiku didepan pintu rumahku, maka kemanakah aku akan pergi.?

by : mumu bsa
Post a Comment

Back to Top