dinukil dari dari kitab al ashbah wan nadhoir karangan imam suyuti.
القاعدة العشرون المتعدي أفضل من القاصر
ومن ثم قال الأستاذ أبو إسحاق ، وإمام الحرمين وأبوه : للقائم بفرض الكفاية مزية على العين ; لأنه أسقط الحرج عن الأمة .
وقال الشافعي : طلب العلم ، أفضل من صلاة النافلة .
kaedah yg nomer 20 adalah,
" amalan yg bisa bermanfaat utk orang lain itu lebih utama daripada amalan
yg manfaatnya kembali kpd diri sendiri."
oleh karena itulah al ustzdz abu ishaq , imam haromain dan juga ayahnya mengatakan ,
" orang yg menunaikan fardhu kifayah itu ada tambahan keuntungan
mengalahkan orang yg menunaikan fardhu 'ain, karena pelaku fardhu
kifayah menggugurkan dosa dari semua umat."
imam syafi'i berkata,
" mencari ilmu itu lebih utama daripada sholat sunnah."
وأنكر الشيخ عز الدين هذا الإطلاق أيضا . وقال : قد يكون القاصر أفضل
كالإيمان . وقد قدم النبي صلى الله عليه وسلم . التسبيح عقب الصلاة على
الصدقة : وقال : { خير أعمالكم الصلاة } .
{ وسئل أي الأعمال أفضل ؟ فقال : إيمان بالله ، ثم جهاد في سبيل الله ، ثم حج مبرور } وهذه كلها قاصرة .
syeh izzuddin mengingkari kemutlakan kaedah ini, beliau berkata,
" terkadang amalan yg manfaatnya kembali kpd diri sendiri itu lebih utama , misalnya iman.
dan nabi shollallohu 'alaihi wasallam juga mendahlukan membaca tasbih setelah sholat dari pada bersedekah.
Rasul bersabda " sebaik2 amalan2 kalian adalah sholat."
Rasul ditanya, " amalan apakah yg paling utama ?"
Beliau menjawab, " iman kpd Allah, kemudian jihad dijalan Allah kemudian haji yg mabrur."
dan semuanya itu adalah amalan2 yg manfaatnya kembali kpd diri sendiri.
ثم اختار تبعا للغزالي في الإحياء : أن أفضل الطاعات على قدر المصالح الناشئة عنها .
kemudian syeh izzuddin karena mengikuti pendapatnya imam gazzali dalam kitab ihya' beliau memilih kaedah sbb,
" sesungguhnya seutama utamanya ketaatan itu berdasarkan kemaslahatan2 yg muncul darinya."
الأشباه والنظائر
عبد الرحمن بن أبي
بكر بن محمد السيوطي
by : mas hamzah