BACAAN YANG DIANJURKAN KETIKA SHOLAT FARDLU DIMALAM JUMAT

Diposkan oleh Label: di
Ini yang dibaca ketika sholat fardlu pada malam jumat

ويستحب أيضا قراءة الجمعة والمنافقون في صلاة عشاء ليلة الجمعة كما ورد عن ابن حبان بسند صحيح

Disukai/dianjurkan juga membaca Surat Al-Jumuah dan Al-Munafiqun pada sholat isya' malam jum'at seperti hadits yang telah diriwayatkan ibnu Hibban dgn sanad yang shohih. (hasyiyah Al-bujairomi alal khatib (4/375) )

وقوله (سورة الجمعة والمنافقون)؛ أي: لما صح عنه صلى الله عليه وسلم أنه كان يقرأ في عشاء ليلة الجمعة بالجمعة والمنافقون، وفي مغربها بالكافرون والإخلاص»

Dan sabda nabi (Surat Al-jumuah dan Al-Munafiqun) yakni telah shohih dari Nabi SAW bahwa beliau membaca surat Al-jumuah dan al-munafiqun dlm sholat isya'nya, serta membaca surat al-kafirun dan al-ikhlash pada sholat maghribnya.

(وقوله: وفي صبحها إلخ) أي ويسن في صبحها ما ذكر.
لما روي عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: كان النبي (ص) يقرأ في الفجر يوم الجمعة: * (الم تنزيل) * في الركعة الاولى، وفي الركعة الثانية: * (هل أتى) * وتسن المداومة عليهما.

Dan sabdanya (dan dalam sholat subuhnya dst.) yakni dan disunnahkan dalam sholat subuhnya membaca seperti yang disebutkan.
telah diriwatkan dari abi hurairah berkata "pada sholat subuh hari jumat, rasulullah membaca "alif lam mim tanzil.." (surat as-Sajdah) pada rakaat pertama, sedangkan pada rakaat kedua beliau membaca "hal ataa.." (surat ad-Dahr) dan disunnahkan memdawamkan (selalu) membaca keduanya. (Hasyiyah I'anatut tholibin (1/177) )

واتفقوا علي انه يسن في صبح يوم الجمعة (الم تنزيل) في الركعة الاولي (وهل أتي) في الثانية للحديث الصحيح السابق ويقرأ السورتين بكمالهما

Dan para ulama bersepakat atas sunnahnya membaca surat as-sajdah pada rakaat pertama dan ad-dahr pada rakaat kedua, atas dasar hadits shohih yang tersebut, dan membaca keduanya dgn sempurna. (Majmu' - Imam Nawawi - (3/385) )

*terjaga*
Post a Comment

Back to Top