Syeikh Abdul Qadir Al-Jailany Menyelamatkan Muridnya Dari Adzab Kubur

Diposkan oleh Label: di
Dinukil dari kitab " Tafrijul Khothir " , Manqobah ke 48

المنقبة الثامنة والاربعون في تخليصه مريده من عذاب الملكين اي منكر ونكير وكان هذا المريد لا يعرف شيئا سوي الغوث رضي الله عنه.
ذكروا : انه كان رجل من مريده يعتقد في حضرة الغوث اعتقادا جازما وصار فانيا وباقيا في محبته فلما توفي دفنوه وجاءه الملكان للسؤال فسالاه من ربك ومن نبيك وما دينك،فقال لهما لا اعرف شيئا الا شيخي السيد عبد القادر. فتحير الملكان فقالا يا رب انت اعلم ان عبدك فلانا يقول كذا فأمرهما الله بعذابه ، فارادا ان يعذباه فظهر حضرة الغوث وقال لهما انه ان لم يعرف الله ورسوله ودينه (اي لجهله امر دينه)، فانه يعرفني واقتدي بي فانا اعرف كل ما سألتماه عنه فلأجلي لا تعذباه ،فسألا الله وقالا يارب انت اعلم ان محبوبك ومجذوبك الغوث الأعظم السلطان محي الدين عبد القادر يقول كذا وكذا فأمرهما بتعذيبه ، فأرادا ان يعذباه فأخذ الغوث مطرفتهما من ايديهما وقال لهما لا تقربا اليه فان نار الشق في باطني لا تقاس بشيء والا احرق بها الجنة والنار ( بأن لا تكون الراحة في الجنة ولا العذاب في النار ) ، فجاءهما النداء من الله تعالي عفوت عنه لا تعذباه . وهذا إكرام له رضي الله تعالي عنه

Diriwayatkan, Syekh Abdul Qodir mempunyai murid yang bodoh dan buta agama, namun ia menaruh cinta, rindu, kepada gurunya yaitu Syekh Abdul Qodir.

Pada waktu ia mati ,ia pun mendapat pertanyaan kubur dari malaikat Munkar Nakir: " siapa Tuhanmu , siapa Nabimu dan Apa agamamu,?".
Si mayat menjawab : "Saya tidak tahu, yang saya ketahui hanya guruku Syekh Abdul Qodir, beliaulah yang sangat kucintai".

Mayat itu selalu memanggil-manggil Syekh Abdul Qodir, sehingga malaikat Munkar Nakir merasa bingung menghadapi kejadian ini, lalu hal

ini diajukan kepada Alloh SWT: "Ya Alloh, Engkau Maha Mengetahui tentang jawaban mayat hamba-MU ini, untuk hal itu saya serahkan kepada-Mu".

Alloh berfirman: "Beri siksaan dia sebagaimana mestinya".

Pada waktu malaikat Munkar Nakir akan melaksanakan siksaan sebagaimana perintah Alloh SWT, tiba-tiba Syekh Abdul Qodir muncul sambil berkata : "Wahai malaikat Munkar Nakir, mayat muridku jangan disiksa karena dia waktu hidupnya termasuk orang yang bodoh, dan tidak tahu tentang agama, yang dia ketahui hanyalah aku ini".
Lalu Syekh melanjutkan pembicaraannya : "Akulah yang akan memberi jawaban terhadap segala pertanyaan yang kalian akan tanyakan.

Atas kejadian ini malaikat Munkar Nakir bertambah bingung dan dengan segera melaporkan kepada Alloh SWT.

Alloh berfirman sebagaimana tadi : "Siksa dia sebagaimana mestinya !".

Setelah malaikat itu menerima perintah dari Alloh lalu diambilnya godam, ketika mayat akan disiksa, tiba-tiba Syekh menghadang dan menggagalkan
serta merebut godam dari tangan malaikat Munkar Nakir lalu dilemparkan, beliau berkata : " Jangan kalian siksa muridku ! Demi panasnya kecintaanku yang membara dalam batinku kepada Alloh, siapapun juga tidak ada yang menandingiku. Ingat, kalau mayat muridku disiksa, surga dan neraka semuanya akan kubakar ( artinya dalam surga tidak akan senang dan dineraka tidak akan susah )".

Ketika itu datanglah perintah Alloh : " Sekarang Ku ampuni dosa mayat orang itu, jangan kamu siksa, disebabkan karena kemulian kekasihku Abdul Qodir. Aku menanggung rindu padanya, dan lebarkan pula kubur mayat orang itu!".

Wallahu A'lam

اللهم انشر عليه رحمة ورضوانا وامدنا باسرره فى كل وقت ومكان

Alloohhummansyur 'alaihhi rohmatan waridlwaanan wa amiddana bi asrorihi fii kulli waqtin wamakaanin.

**************************************************************

Bismillahir Rohmaanir Rohiim

اللهم صل علي محمد يا رب صل عليه وسلم
القطب الرباني والعارف الصمداني ، السيد الشيخ محي الدين عبد القادر الجيلاني
الحسن والحسين إبني علي وفاطمة ، بنت رسول الله محمد يا حبيب الله
اللهم صل وسلم وبارك عليه

sholawat yang biasa dibacakan secara berjama'ah sebelum pembacaan manaqib Syeikh Abdul Qodir al-Jailany.

Via : Ust. Ical Rizaldysantrialit
Post a Comment

Back to Top