Hukum membaca ta'awudz dalam sholat.
التعوذ سنة عن ثلاثة من الأئمة خلافا للمالكية فانظر ما قيل في التعوذ عند كل مذهب تحت الخط
Ta'awudz adalah sunnah menurut para imam 3 madzhab kecuali Malikiyah, berikut pendapat2 seluruh madzhab ttg ta'awudz berikut ini :
( الحنفية قالوا : التعوذ سنة وهو أن يقول : أعوذ بالله من الشيطان
الرجيم في الركعة الأولى بعد تكبيرة الإحرام.. ولا يأتي بالتعوذ الا في
الركعة الأولى سواء كان إماما أو منفردا أو مأموما الا إذا كان المأموم
مسبوقا..
Hanafiyah : ta'awudz itu sunnah, yaitu mengucapkan
a'udzubillahi minasy syaythonirrojim pd rokaat pertama setelah
takbiratul ihrom.. Dan tidak ada pembacaan ta'awudz kecuali pada rokaat
pertama, sama saja (sunnah membaca ta'awudz) ketika jadi imam, sholat
sendirian atau ketika menjadi ma'mum, kecuali jika jd ma'mum masbuq
الشافعية قالوا : التعوذ سنة في كل ركعة من الركعات وأفضل صيغة أن يقول : أعوذ بالله من الشيطان الرجيم. .
Syafiiyah : Ta'awudz sunnah pd setiap rokaat sholat, dan lbh utama dg shighot a'udzubillahi minasy syaithonirrojim..
المالكية قالوا : التعوذ مكروه في صلاة الفريضة سرا كان أو جهرا أما في صلاة النافلة فإنه يجوز سرا ويكره جهرا على القول المرجح
Malikiyah : ta'awudz itu makruh dlm sholat fardhu baik dibaca pelan
ataupun keras, adapun dlm sholat sunnah maka itu boleh jika dibaca pelan
dan makruh jika dibaca keras atas pendapat yang rojih.
الحنابلة قالوا : التعوذ سنة وهو أن يقول : أعوذ بالله السميع العليم من الشيطان الرجيم وهو سنة في الركعة الأولى )
Hanabilah : ta'awudz itu sunnah, agar meengucapkan a'udzubillahis
sami'il alimi minasy syaithonirrojim, dan pembacaan ta'awudz ini sunnah
pada rokaat yang pertama.
Sumber :
الفقه على المذاهب الأربعة - الجزيري (1/299)
Al-fiqh alal madzhabil arba'ah - al jaziry, juz 1 hlm 299