SOK JADI MUJTAHID, COBA BANDINGKAN

Diposkan oleh Label: di
Jangan sampai tertipu oleh bujuk rayu dan nyanyian nina bobo-nya jema'ah yang baru lahir yang selalu berteriak dan mengajak untuk ber-Ijtihad dan menolak mengikuti ber-Madzhab pada Imam Madzhab yang empat. Sungguh mereka hanyalah korban dari ke-isengan dan ke-ghuluwan dan Ghozwul fikri pencetus alirannya.

Mereka itu mimpi disiang bolong, ingin menjadi Mujtahid tapi tak ngerti apa itu yang disebut Mujtahid, dan Ijtihad.

Tengoklah Imam Al-Harmain Ra, hingga beliau pernah berkata :

ما تكلمت في علم الكلام كلمة حتى حفظت من كلام القاضي أبي بكر وحده اثني عشر ألف ورقة

"Tidaklah aku pernah berbicara dalam prihal ilmu kalam, sehingga terlebih dahulu aku menghafal perkataannya Al-Qodhi (Tuan Penghulu) Abu Bakar seorang, sebanyak dua belas ribu lembar."

Jika beliau menghafal pernyataannya Imam Abu Bakar sebanyak dua belas ribu lembar, berarti beliau itu menghafal sebanyak dua puluh empat ribu halaman, dan ini adalah apa yang sudah beliau Imam Harmain hafal didalam satu disiplin (bidang) ilmu dan dari satu orang saja dari ahlinya dibidang ilmu tersebut (ilmu kalam)., maka berapa lembar kira-kira yang telah Imam Harmain hafal dari berbagai disiplin ilmu dari para ahli ahlinya ? Sehingga pada suatu ketika, Imam Al-Harmain pernah berkata pada santrinya yang tak lain adalah Imam Ghozali Ra :

يا فقيه

"Wahai orang faqih (orang yang memahami ilmu agama)!!!"

Maka berubahlah raut mukanya Imam Ghozali mendengar sapaan gurunya itu, ia merasa kecil diri atas panggilan besar tuan gurunya itu yang telah memanggilnya dengan sebutan "FAQIH".

Berkatalah Imam Harmain padanya :

افتح هذا البيت

"Engkau bukalah pintu rumah ini !"

Maka Imam Ghozali pun membukakannya, setelah dibuka, ternyata didalamnya dipenuhi oleh berbagai macam kitab. Lalu Imam Harmain bertanya lagi pada Imam Ghozali :

ما قيل لي يا فقيه حتى أتيت على هذه الكتب كلها، يعني حفظا.

"Apa yang akan orang lain katakan, seandainya mereka tahu kalau aku sudah menghafal semua isi kitab-kitab ini ?"

Lihatlah, beliau seorang Imam Harmain tidak memilih ber-Ijtihad dan tidak meninggalkan ber-Madzhab. Beliau menganut Madzhab Syafi'i dan mengikuti pemikiran Imam Al-Syafi'i. Padahal beliau sudah hafal berbagai macam kitab yang banyaknya memenuhi isi rumah.

Tengoklah juga Imam Al-Sarkhosyi Ra, yang tengah mengarang kitab "Al-Mabsuuth" yang tebalnya mencapai tiga puluh jilid, sehingga ketika beliau dipenjara maka beliau tidak memabawa satupun kitab, jadi beliau hanya cukup muroja'ah hafalannya saja. Dan ketika beliau meng-istidlal atau mengeluarkan suatu dalil hukum bagi masalah dalam madzhab yang di anutnya, atau memberikan hujah pada madzhab lain yang menyalahi madzhabnya baik secara hujah 'naqli maupun aqli, maka pasti orang akan mengatakan : "Gunung boleh roboh, tapi hujah dan dalil yang dikeluarkan oleh Imam Al-Sarkhosyi takkan roboh saking kuatnya hujah beliau." kemudian madzhab yang menyalahi madzhabnya itu akan taslim menyerah dan mengaku salah dalam berdalil secara jelas, itu merupakan bukti kepintaran dan kuatnya hafalan Imam Al-Sarkhosyi sendiri, sampai-sampai para penulis bioghrafi pun menyebutkan bahwa Imam Al-Sarkhosyi telah menghafal dua ratus empat puluh ribu halaman kitab dari berbagai disiplin ilmu. Demikianlah kekuatan hafalannya Imam Al-Sarkhosyi yang tengah wafat pada Qurun kelima. Namun ternyata sebegitu ahlinya beliau dalam berbagai disiplin ilmu, dan sebegitu kuatnya hafalan beliau, ternyata beliau tetap bermadzhab dan tidak memilih berijtihad sendiri, nyatanya beliau mengikuti Imam Abu Hanifah jadi madzhab beliau adalah Hanafi.

Lalu patut ane tanyakan, ente-ente yang mengajak untuk ber-ijtihad sendiri dan menolak menganut Madzhabnya Imam yang empat itu sudah menguasa berapa disiplin ilmu ? Sudah berapa halaman, lembar, atau kitabkah yang ente hafal ? Hmmmm..... 

By : Fairuz Badi
Post a Comment

Back to Top